Kamis, 20 Juni 2013

KY Juga Pantau Sidang Perdana Kasus Cebongan


Rabu, 19/06/2013 10:33 WIB
Andi Saputra - detikNews

Jakarta - Setelah Mahkamah Agung (MA) menurunkan tiga orang hakimnya untuk memantau jalannya sidang kasus Cebongan, kini Komisi Yudisial (KY) juga ikut mengawasi persidangan. KY berharap hakim tetap profesional dan tidak terpengaruh pihak manapun.

"KY akan pantau jalannya persidangan, karena perkara ini menjadi perhatian publik," kata Wakil Ketua KY, Imam Anshori Saleh saat berbincang dengan detikcom, Rabu (19/6/2013).

KY berharap sidang perdana kasus penyerbuan dan pembunuhan tahanan di Lapas Cebongan itu berjalan tertib. Masyarakat yang menonton persidanganan diimbau agar bisa menghormati asas praduga tak bersalah.

"KY berharap sidang perdana perkara penembakan di LP cebongan Kamis (20/6) besok berlangsung tertib," ucap Imam.

Imam mengatakan aparat keamanan yang bertugas bisa memberikan jaminan keamanan, sehingga majelis hakim dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Masyarakat diminta mempercayakan perkara ini diadili secara objektif sesuai ketentuan hukum acara dan peraturan perundang-undangan.

"Semua pihak hendaknya menghormati pengadilan dan proses yang berlangsung, agar semuanya berlangung adil dan transparan," ujar Imam.

Sebelumnya MA menurunkan 3 hakim agungnya untuk memantau sidang kasus Cebongan agar peradilan berjalan objektif dan lancar. Ketiga hakim agung itu adalah Ketua Kamar Militer Brigjen (Purn) Dr Imron Anwari, Prof Dr Gayus Lumbuun dan Andi Abu Ayyub.

Sidang kasus LP Cebongan itu akan digelar di Pengadilan Militer II/11 Yogyakarta, pada Kamis (20/6) besok. Sebanyak 12 anggota Kopasssus akan diadili dengan dakwaan membunuh 4 tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus, Sertu Heru Santosa. (asp/slm)