Selasa, 18 Juni 2013

LAPORAN KEUANGAN_Kemhan Raih WTP dengan Catatan


JAKARTA: Kementerian Pertahanan (Kemhan) meraih opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (WTP-DPP) atau catatan atas laporan keuangannya untuk tahun 2012. Pemeriksaan laporan keuangan Kemhan tahun 2012 dilaksanakan sejak tanggal 30 Januari 2013 hingga 30 Mei 2013 oleh 51 anggota tim Pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil pemeriksaan laporan keuangan Kemhan diserahkan Ketua BPK RI Hadi Poernomo kepada Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro pada acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan kementerian/lembaga. Tahun 2012 di Auditorium BPK, Jakarta, Senin (17/6).

Penilaian laporan keuangan Kemhan itu diaudit bersama 19 kementerian atau lembaga lainnya yang berada dalam pengawasan Auditorat Keuangan Negara (AKN) I.

Di antaranya adalah Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM, Kementerian Hukum dan HAM, Polri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Narkotika (BNN), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Meningkat
Anggota I BPK sebagai Ketua Pemeriksa AKN I, Moermahadi Soerja Djanegara menyimpulkan, laporan keuangan kementerian atau lembaga peraih opini WTP dan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk tahun 2012, mengalami peningkatan. Dari 19 kementerian, 15 di antaranya mendapatkan opini WTP dan empat mendapatkan opini WDP.

Menhan sendiri mengakui bahwa prestasi opini WTP DPP yang diraih lembaga yang dipimpinya bukan pekerjaan ringan. Prestasi itu diraih Kemhan melalui proses perjuangan dan kinerja berat. "Cukup berat perjuangan untuk mendapatkan opini WTP DPP ini," kata Purnomo.

Menhan pun berharap prestasi yang diraih Kemhan dan TNI di masa datang bisa lebih baik dari sekarang ini. Kemhan bertarget meraih opini WTP tanpa paragraf penjelasan.

"Kemhan dan TNI akan terus berjuang untuk meningkatkan laporan keuangan pada tahun anggaran mendatang sehingga dapat meraih opini WTP tanpa paragraph penjelasan,"   ucap Purnomo. (Feber S), Sumber Koran: Suara Karya (18 Juni 2013/Selasa, Hal. 04)