Jumat, 21 Juni 2013

Mantan kepala BIN orasi dukung Kopassus di sidang militer


Reporter : Parwito
Kamis, 20 Juni 2013 14:21:31

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono ikut mengawal sidang di pengadilan militer kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman. Hendropriyono berada di tengah-tengah ratusan massa menyaksikan proses sidang 12 Kopassus dengan agenda pembacaan dakwaan.

Saat sidang itu selesai, Hendropriyono sempat ditodong oleh ratusan massa untuk ikut melakukan orasi dukungan terhadap 12 Kopassus yang terlibat kasus penyerangan Lapas Cebongan tersebut.

Dengan desakan, akhirnya Hendropriyono pun mengambil pengeras suara dan berorasi bahwa yang berwajib mesti melihat kasus di balik penyerangan tersebut.

"Kasus Cebongan bukan kasus Cebongan saja, masih ada kasus yang terkait. Perlu ada pengawalan dari ormas dan warga Yogyakarta, hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban Yogyakarta," teriak Hendropriyono di Sleman, Kamis (20/6).

Sebelumnya, Doni Manurung, koordinator aksi melakukan orasi bahwa hakim yang memimpin sidang tersebut salah jika menyebut penyerangan Lapas Cebongan dilakukan secara terencana.

"Kita tidak terima jika hakim menyatakan penyerangan (Lapas Cebongan) direncanakan," ujar Doni dalam orasinya di luar ruang sidang, Yogyakarta, Kamis (20/6).

Polisi Militer harus turun tangan untuk menghalau ratusan massa dan ormas yang memadati kawasan pengadilan militer tersebut. Ketika kendaraan barakuda yang membawa 12 Kopassus itu keluar dari pengadilan, massa meneriakkan dukungan terhadap Kopassus.

"Hidup Kopassus. Hidup Kopassus. Hidup Kopassus. Kita kawal hingga sidang berakhir," teriak mereka. [ded]