Selasa, 25 Juni 2013

Pemadaman Kebakaran Hutan Difokuskan di Bengkalis


Senin, 24 Juni 2013 | 12:21 WIB

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Komandan Satgas Tanggap Darurat Penanggulangan Asap Brigjen TNI Teguh Rahardjo mengatakan pemadaman kebakaran lahan pada Senin (24/6) akan fokus di Kabupaten Bengkalis, Riau, melalui darat.

Keputusan diambil karena kebakaran di daerah tersebut dinilai sangat parah dan terdapat objek vital minyak dan gas.

"Tenaga dari darat fokus ke Bengkalis, daerah Mandau yang berbatasan dengan Rokan Hilir," kata Teguh Rahardjo yang juga Komandan Korem 031/Wirabima di Lanud TNI AU, Pekanbaru.

Ia mengatakan, jumlah seluruh personel TNI AD yang dikerahkan ke lokasi sebanyak 381 orang. Sedangkan tenaga dari Polri berjumlah 200 orang dan dari pemda serta masyarakat mencapai 300 orang. "Khusus untuk TNI AD jumlah personel 381 orang, termasuk 125 personel yang diperbantukan dari Pekanbaru pada hari ini," ujarnya.

Pemadaman dari darat tersebut, lanjutnya, akan dibantu oleh helikopter yang akan menjatuhkan bom air dari udara. Pengerahan pemadaman dari darat juga dilakukan di Kota Pekanbaru dengan jumlah 35 personel TNI AD, 20 dari Polri dan 40 orang warga.

Kemudian, pengerahan tenaga di Kabupaten Indragiri Hulu berjumlah 136 personel gabungan, Kabupaten Kampar 110 personel gabungan, dan Indragiri Hilir sebanyak 176 personel gabungan. (Ant)

Editor: Patna Budi Utami