Rabu, 26 Juni 2013

Presiden Pimpin Apel Satgas Asap


25 Juni 2013 | 14:29 wib

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (25/6), memimpin langsung apel Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Asap akibat kebakaran hutan di Riau. Apel yang berlangsung di Skuadron Udara 17, Pangkalan Udara TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikuti personel gabungan TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan unsur kementerian.

"Ada instruksi dari Presiden untuk menebalkan pasukan di sana bersama-sama masyarakat," kata Kepala BNPB Syamsul Maarif seusai acara. Presiden juga memerintahkan Satgas mencari pesawat untuk menembakan air atau water bombing ke titik-titik api.

"Fokus Satgas adalah untuk memadamkan titik-titik api. Jangan sampai terjadi kebakaran baru," tambah Syamsul.

Jumlah personel yang dikirimkan untuk memadamkan api di kawasan hutan Riau sebanyak 2.252 orang, terdiri atas 600 personel TNI-AD, 600 Marinir TNI-AL, 630 Paskhas TNI-AU, 320 Polisi, serta 102 dari BNPB dan Kementerian Kehutanan. Sejumlah 1.400 personel diantaranya diberangkatkan hari ini ke Pekanbaru, Bengkalis, Dumai, Pelalawan, Rohan Hilir, Siak, dan Rokan Hulu.

Apel Satgas penanggulangan Bencana Asap ini juga dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kapolri Timur Pradopo.

Setelah memimpin dan memberi arahan pada peserta apel, SBY langsung bertolak menuju Bali untuk menghadiri acara Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE).

Acara tersebut akan berlangsung Rabu (26/6) besok di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Denpasar, dan menghadirkan pesepakbola Cristiano Ronaldo. Pemain klub Real Madrid asal Portugal itu merupakan Duta Pelestarian Hutan Bakau atau mangrove. (Fauzan Jayadi/CN33/SMNetwork)