Rabu, 26 Juni 2013

Ribuan TNI Dikerahkan untuk Padamkan Karhutla di Riau


Selasa, 25 Juni 2013 18:06

Riauterkini-PEKANBARU- Meskipun saat ini sudah ada sekitar 1.122 prajurit TNI dari berbagai kesatuan di Riau dikerahkan untuk mengupayakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, namun jumlah tersebut dirasa kurang oleh pemeirintah pusat, sehingga dikirim 2.000 prajurit dari Jakarta untuk membantu.

Menurut Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Teguh Rahardjo di Pekanbaru, Selasa, mengatakan sekitar 2.000 personel tersebut terdiri atas 600 anggota Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), 600 anggota Marinir, 400 anggota Brimob, dan 400 anggota Paskhas TNI AU.

Pasukan bantuan tersebut mulai tiba dengan tiba penerbangan menggunakan Pesawat Hercules di Pangkalan Angkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa (25/6/13) sore. Jumlahnya 600 prajurit Kostrad.

Sementara pasukan lainnya dijadwalkan tiba besok dengan penerbangan yang sama. Seluruh pasukan akan langsung dikirim ke kawasan yang sedang terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Komandan Satuan Tugas Udara, Danlanud Kolonel Pnb Andyawan mengatakan sekitar 2.000 personel kiriman dari Mabes TNI tersebut akan disebar ke sejumlah wilayah di Riau yang masih terbakar.

Dijelaskan Anyawan, selain mengerahkan ribuan prajurit di darat, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau juga dibantu upaya pemadaman lewat udara. Dilakukan pengerahan pesawat dan helikopter.

"Untuk bom air, ada tiga helikopter dan ditambah dua helikopter lagi bantuan dari PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper), sementara untuk hujan buatan, akan dilakukan dengan pesawat herkules yang telah diterbangkan," demikian penjelasannya. (dok)