Selasa, 11 Juni 2013

SMS Gateway TNI terima 1.399 pengaduan masyarakat


Editor: Joko Irianto | Senin, 10 Juni 2013 06:20 WIB, 4 jam yang lalu

LENSAINDONESIA.COM: Sejak dibukanya layanan SMS Gateway TNI, 30 April 2013, ternyata sampai saat ini, jumlah pengadukan via SMS yang masuk mencapai 1.399 pengaduan dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Wairjen TNI Marsekal Muda TNI B. Agus Margono, pada acara evaluasi dan tindak lanjut operasional SMS Gateway di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Panglima TNI: Teroris harus diperangi bersama dan TNI dan USPACOM latihan bersama "Gema Bhakti", antisipasi bencana.

Dari seluruh pengaduan yang diterima Itjen TNI, terdapat 59 pengaduan yang menonjol, dan 297 pengaduan tidak menonjol serta 1.043 non pengaduan yang sifatnya bervariasi. Antara lain, tentang penyalahgunaan wewenang, tindakan indisipliner personel, korupsi/pungutan liar, sengketa pertanahan dan sengketa hukum/keadilan.

Namun, dari jumlah SMS itu terdapat pula pengaduan yang tidak didukung data yang layak, dan informasi yang diadukan atau dilaporkan tidak relevan dengan tugas-tugas yang dilakukan TNI. Sehingga tidak mungkin dapat dipenuhi dan ditindaklanjuti. Tetapi dapat dicatat sebagai arsip.

Terhadap pengaduan/informasi masyarakat yang layak akan ditindaklanjuti oleh Itjen TNI dan akan diteruskan  kepada Itjen angkatan. Selanjutnya, pengaduan dari masyarakat tersebut diharapan dapat ditindaklanjuti oleh Pimpinan Satuan kerja jajaran TNI terkait untuk segera diteliti dan dilaksanakan penyelidikan guna mengecek kebenarannya.

Tujuan layanan SMS Gateway ini untuk meningkatkan daya guna, hasil guna, tertib hukum dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan TNI.  Di samping itu juga sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap upaya mencegah dan meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan/ pelanggaran dalam penyelenggaraan tugas pokok TNI, serta realisasi komitmen TNI.

SMS Gateway ini merupakan salah satu bentuk upaya TNI dalam upaya mewujudkan Transparansi dan Reformasi Birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan yang bersih dan baik (Clean Government and Good Governance).

Layanan SMS Gateway ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara TNI dengan empat penyelenggara jasa Telekomunikasi (PT. Telekomunikasi Selular Tbk, PT. Indosat Tbk, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan PT XL Axiata Tbk) dengan kode akses 1978, merupakan upaya pelayanan pengaduan masyarakat tentang kinerja TNI. @licom