Rabu, 19 Juni 2013

TNI AD Adakan Lomba Cipta Teknologi


Jakarta,   Memperingati hari jadi ke-68, TNI Angkatan Darat menyelenggarakan Lomba Cipta Teknologi untuk mahasiswa, pelajar, dan masyarakat pada umumnya. Total hadiah sebesar Rp 150 juta.

Lomba bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan kekuatan pertahanan TNI Angkatan Darat.

Kepala Sub Dinas Penerangan Umum Angkatan Darat Kolonel Inf Drs Zaenal, MM, MSi di Jakarta. Selasa (18/6) mengatakan lomba dapat diikuti baik secara perorangan maupun dalam bentuk kelompok. Pendaftaran mulai minggu pertama bulan Juni hingga 20 September 2013. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui situs resmi www.tniad.mil.id dan www.dislitbangad.mil.id, serta alamat Dislitbangad Cq Kasubdisiptek, Jalan Matraman Raya nomor 143 Jaktim telepon 021-8583695 Ext. 117 dan 145 atau Fax 021-85906348/8583696, atau e-mail subdisiptek@yahoo. com.

Menurut Zaenal, lomba meliputi materi peralatan yang terdiri dari sistem senjata, otomotif, munisi, alat optik, dan materi lain yang mendukung materi peralatan. Materi komunikasi terdiri dari alat komunikasi radio, alat komunikasi saluran/telepon, satelit, radar, repeater, direction finder, teknologi hopping, teknologi encryption, teknologi scramble, jammer, dan materi lain yang mendukung materi komunikasi.

Materi Zeni terdiri dari alat penyedia air, alat penyedia listrik, alat jihandak, alat nubika, alat perkakas, pneumatics tools, demolition set, dan materi lain yang mendukung materi Zeni. Materi kesehatan yang terdiri dari perlengkapan kesehatan perorangan, perlengkapan kesehatan satuan, dan materi lain yang mendukung materi kesehatan.

Materi pemetaan yang terdiri dari alat pengumpul data spasial dan non spasial, alat pengolah data pemetaan, alat bantu pemetaan dan materi lain yang mendukung materi pemetaan. Materi perbekalan dan angkutan meliputi perlengkapan perorangan (helm tempur, ransel tempur, dan rompi anti-peluru), perlengkapan satuan (tenda dan velbed), serta materi lain yang mendukung materi perbekalan dan angkutan.

Kolonel Zaenal menambahkan, spesifikasi hasil lomba berupa perangkat keras yang merupakan aplikasi rekayasa teknologi yang memenuhi unsur-unsur sistematika dari mekanisme kerja peralatan yang digunakan untuk mendukung tugas TNI AD, serta perangkat lunak yang merupakan aplikasi rekayasa teknologi yang memenuhi unsur-unsur sistematika dari mekanisme kerja suatu software/piranti lunak yang digunakan untuk mendukung tugas TNI AD. (be), Sumber Koran: Harian Pelita (19 Juni 2013/Rabu, Hal. 17)