Jumat, 14 Juni 2013

TNI Terapkan Penjagaan Maksimal di Sidang Kasus Cebongan

Penulis:  Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Jumat, 14 Juni 2013 | 11:32 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - TNI akan memberikan penjagaan ketat di Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta saat berlangsungnya sidang kasus penyerangan Lapas kelas IIB Cebongan, Sleman.

"TNI akan mengerahkan kekuatan maksimal untuk mengamankan jalannya sidang kasus Cebongan," terang Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Widodo Rahardjo, Kamis (14/6/2013).

Widodo menjelaskan, selain lokasi sidang pengamanan juga akan dilakukan di Lapas kelas IIB Cebongan Sleman. "Teknisnya yang mengatur Denpom berkoordinasi kepolisian wilayah Yogya. Kami tidak akan melibatkan personel luar daerah," ujarnya.

TNI bersama aparat kepolisian juga akan berjaga di jalan untuk antisipasi kepadatan lalu lintas. Mengenai anggota yang akan diterjunkan, Widodo belum mengetahui jumlah pastinya. "Saya tidak hapal berapa angkanya. Tapi kami akan terjunkan anggota sebanyak-banyaknya," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Tata Urusan Dalam Dilmil Yogyakarta, Kapten (Sus) Aulisa Dandel mengaku, hingga kini jadwal persidangan belum disusun tapi dipastikan akan dimulai minggu depan. Terkait pengamanan, Ia mengakui memang ada perbedaan dibanding kasus lain. Sebab, persidangan akan menjadi sorotan kalangan lokal maupun internasional.

Editor : Glori K. Wadrianto