Senin, 29 Juli 2013

Amankan Lebaran di Jakarta, 8.645 Personil Gabungan diterjunkan

Minggu, 28 Juli 2013 - 09:44 
Jakarta, Seruu.com - Kombes Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, mengatakan sebanyak 8.645 personil gabungan siap mengamankan lebaran di ibu kota. Pengamanan tersebut akan berlangsung 2-15 Agustus dalam Operasi Ketupat 2013. "8.645 personil yang diturunkan dalam Operasi Ketupat 2013 nanti merupakan gabungan dari Polri, TNI dan juga Pemprov DKI Jakarta," kata Rikwanto di Jakarta, Sabtu (27/7/2013) seperti dilansir beritajakarta.com.

Rikwanto menjelaskan, total 8.645 personil gabungan itu terdiri dari personil Polda Metro Jaya sebanyak 3.276 orang dan satuan petugas tiap Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya sebanyak 4.724 orang. "Sisanya 645 personil gabungan dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI," katanya.

Nantinya, kata Rikwanto, para personil akan ditempatkan di daerah-daerah keramaian seperti terminal, stasiun, tempat wisata, pemukiman penduduk dan tempat keramaian lainnya. "Ada juga pengamanan terhadap rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik, pengamanan tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya," katanya.

Dengan adanya operasi ini, Rikwanto berharap, stabilitas keamanan dan ketertiban jelang dan paska lebaran bisa kondusif. "Ini dilaksanakan guna menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif hingga masyarakat dapat melaksanakan perayaan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman," tandasnya. [Irm]