Kamis, 25 Juli 2013

Aparat TNI Kodim Klaten Ikuti Pelatihan Komputer

24 Juli 2013 | 22:46 wib
KLATEN, suaramerdeka.com - Sebanyak 465 anggota Kodim 0723 Klaten dilatih teknologi internet (TI) dan mengoperasikan komputer. Untuk tahap pertama, 25 orang mengikuti pelatihan TI di Sekretariat Broadband Learning Center (BLC) Telkom, Jalan Sri Gading no 7, Klaten Tengah, Rabu (24/7).

Di bangunan bekas rumah dinas Ketua DPRD Klaten itu, aparat TNI belajar mengenal komputer dan internet dari dasar. Pelatihan dimulai dengan menghidupkan dan mematikan komputer, mengetik, mengenal internet da, membuat email, serta pengenalan sistem operasi open source.

Ternyata di antara para peserta ada yang belum akrab dengan perangkat teknologi tinggi itu. Namun mereka terlihat bersemangat mengikuti pelatihan. Pelatihan tersebut diberikan secara gratis selama dua hari itu dengan bimbingan Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Klaten.

Anggota TNI diajari sampai bisa mengoperasikan komputer dan berselancar di dunia maya dengan internet. Saat ini, berbagai ruang publik sudah dilengkapi dengan wifi, sehingga memudahkan berinternet di ruang publik.

Para peserta juga diajari praktek membuat blog pribadi. Komandan Kodim (Dandim) 0723 Klaten Letkol Kav Puji Setiyono melalui Pasi Ops Kodim 0723/ Klaten Kapten Czi Mujianto 

mengatakan, pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan prajurit TNI terutama di bidang teknologi informasi.

''Sangat penting untuk meningkatkan kemampuan personil dengan berbagai ketrampilan. Untuk pelatihan internet ini, diikuti 25 peserta. Namun ini baru tahap awal, nantinya 465 anggota akan dilatih secara bertahap,'' kata Mujianto.