Rabu, 03 Juli 2013

Bendera Merah Putih Juga 'Tumbang' di Acara Pelantikan Perwira TNI/Polri


Selasa, 02/07/2013 09:42 WIB

Surabaya - Hujan deras disertai angin kencang tiba-tiba muncul di prosesi acara pelantikan perwira TNI/Polri 2013. Hujan ini bahkan sampai membuat bendera merah putih yang sudah berkibar turun dengan sendirinya.

Kejadian ini terjadi di Akademi Angkatan Laut (AAL), Wilayah Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/7/2013) pukul 08.00 WIB. Acaranya adalah pelantikan 735 perwira TNI/Polri.

Sebelum prosesi dimulai, cuaca di sekitar komplek AAL memang mendung. Angin sudah mulai berhembus cukup kencang.

Namun tiba-tiba hujan mulai turun dan dalam sekejap berubah menjadi deras. Ada dua baliho raksasa yang mengapit tiang bendera.

Baliho pertama berisi foto Presiden SBY, Panglima TNI Agus Suhartono dan Kapolri Jend Timur Pradopo. Sedangkan baliho berikutnya adalah gambar SBY saat menyematkan tanda kelulusan bagi perwira TNI/Polri.

Kencangnya angin membuat baliho gambar SBY yang tengah melantik perwira itu roboh sebagian. Tidak beberapa lama, bendera merah putih yang tengah berkibar juga turun bahkan hingga setengah tiang. Posisi bendera pun tidak lagi beraturan.

Puncak kejadian adalah saat baliho bergambar presiden, Panglima TNI dan Kapolri tumbang. Tiang-tiang penyangga tidak sanggup menahan terpaan angin kencang. Baliho itu pun akhirnya tidak terlihat lagi bentuknya.

Insiden ini menggenapi sejumlah kejadian sejak Senin (1/7) kemarin. Malamnya saat acara pembekalan, video yang ditayangkan di depan SBY mengalami masalah hingga terpaksa diulang hingga tiga kali.

SBY yang duduk di depan bersama Timur Pradopo dan Agus Suhartono menunjukan reaksi tidak senang. Dia sempat memanggil ajudannya. Akhirnya ia meminta agar video itu dihentikan.

"Sudah-sudah ditinggal saja," potong SBY. Saat itu suasana pun sempat tegang.

Dalam pengarahannya, SBY pun menyindir kesiapan panitia. Ia sangat yakin jika pemutaran video itu tidak dipersiapkan dengan baik.

"Hampir pasti tidak dilakukan cek dan ricek, tidak dikontrol, kurang latihan dan tidak dicek semuanya," kritik SBY.

Namun pagi tadi sebelum angin serta hujan melanda, lagi-lagi sebuah insiden terjadi. Bendera merah putih yang hendak dikibarkan tiba-tiba terlepas dari talinya. Bendera merah putih bahkan terjatuh hingga ke tanah.