Kamis, 25 Juli 2013

Kegiatan Pasukan TNI Konga di Lebanon Selatan

Rabu, 24 Juli 2013 12:32 WIB
TRIBUNNEWS.COM - Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-G/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) / Indobatt (Indonesia Battalion) yang bermarkas di Desa Adshid al-Qusayr, UN Posn 7-1, Lebanon Selatan, adalah merupakan Satuan Komando yang berada di wilayah Sektor Timur, yang dipimpin langsung oleh Komandan Sektor Timur, Brigjen Lopez Del Pozo. Demikian rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com, Rabu (24/7/2013).

Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-G/Unifil, Letkol Inf Lucky Avianto didampingi Kasiops Indobatt Mayor Inf Yudha Permana menyambut kedatangan Komandan Sektor Timur Unifil Brigjen Lopez Del Pozo beserta staf terkait yang ingin meninjau secara langsung pos-pos pengamanan yang tersebar dan berada di bawah Satgas Indobatt di Lebanon Selatan, Selasa (23/7/2013).

Di Pos Panorama Poin yang keberadaannya dibawah Kompi Alpha, Letkol Inf Lucky Avianto didampingi Danki Alpha Lettu Inf M. Yahya Ginting menjelaskan kepada Brigjen Lopez tentang keberadaan pos yang berada di Panorama Poin, baik itu batasannya, kegiatan pengamanannya, sampai dengan kegiatannya dalam pendekatan dengan masyarakat sekitar.

Pada peninjauan ke Kompi Cheta, Brigjen Lopez diterima oleh Danki Cheta Kapten Mar Alex Zulkarnaen dan menjelaskan tentang beberapa pos yang tersebar di wilayah sekitar kompinya serta beberapa kendala yang terjadi di lapangan hingga kegiatan teritorial atau CIMIC (Civil Military Cooperation) yang juga menjadi andalan dalam mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar.

Selama peninjauannya di lapangan, Komandan Sektor Timur Unifil Brigjen Lopez Del Pozo beserta staf berkesempatan berdiskusi langsung dengan para personel yang sedang berjaga pada saat itu. Secara umum, Komandan Sektor Timur memberikan apresiasi dan bangga kepada Satgas Indobatt, pasalnya jika melihat wilayah posnya yang tersebar sebagian besar berada di titik-titik rawan timbulnya konflik dan Indobatt dinilai mampu berdiri di garda terdepan sebagai peacekeepers di wilayahnya.

Brigjen Lopez juga mengatakan bahwa dirinya selalu memantau perkembangan wilayah Indobatt juga banyak mendengar tentang kegiatan Kontingen Garuda  dalam mendekatkan diri dan mengambil hati masyarakat sekitarnya. “Apa yang sudah menjadi keberhasilan agar 

tetap terus dipertahankan dan selalu meningkatkan kewaspadaan serta berkordinasi terus dengan satuan atas”, harapnya.