Jumat, 12 Juli 2013

Kasdam I/Bukit Barisan: Aparat Intel Harus Mempunyai Kemampuan Deteksi Dini, Cegah Dini


Kamis, 11 Juli 2013 12:44:21 - Oleh : admin

KODAM I/BUKIT BARISAN (11/7),- Asintel Kasdam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Asep Jauhari Puja Laksana pimpin Pembukaan Rakernis Intel/Pam I Kodam I/Bukit Barisan TA. 2013, di ruang Manunggal Lt-V Makodam I/Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (9/7).

Sambutan Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI I Gede Sumertha, K.Y, PSC, M.Sc, yang dibacakan Asintel Kasdam I/Bukit Barisan mengatakan bahwa, penjabaran kebijakan satuan pelaksana tidak boleh menyimpang dari pokok-pokok kebijakan Kodam I/Bukit Barisan, melainkan harus sinkron dan selaras antara kebijakan dengan pelaksanaan program satuan pelaksana di lapangan. Untuk mencegah terjadinya distorsi kebijakan tersebut, kepada satuan-satuan pelaksana agar selalu berkoordinasi dengan Sinteldam I/Bukit Barisan apabila menemukan kendala dalam menjabarkan program kerja TA. 2013. agar optimalisasi pencapaian sasaran program kerja TA. 2013 bidang Intel/Pam khususnya pada semester II dapat terwujud. Tujuan Rakernis Intel/Pam I Kodam I/Bukit Barisan untuk memberikan pengarahan, petunjuk dan penjelasan tentang Kebijakan Pangdam I/Bukit Barisan bidang Intelijen.

Aparat Intel harus lebih mengutamakan pengamanan tubuh disamping monitor situasi dan kondisi Ipoleksosbud Hankam. Dalam tema Rakernis adalah "Dengan Rakernis Intel/Pam I Kodam I/Bukit Barisan TA. 2013 Kita Wujudkan Profesionalitas Aparat Intel/Pam Melalui Pelaksanaan Program dan Anggaran Intel/Pam Yang Akuntabel dan Transparan Guna Mendukung Tupok Kodam I/Bukit Barisan".

Lebih lanjut Asintel Kasdam I/Bukit Barisan menyampaikan evaluasi Program Kerja dan Anggaran Kodam I/Bukit Barisan bidang Intel/Pam, akan menjelaskan tentang perkembangan situasi secara garis besar, setelah pelaksanaan Rakernis Intel/Pam I Kodam I/Bukit Barisan selesai kepada Dandeninteldam I/Bukit Barisan, para Kasi Intel Korem, Kasi Intel Brigif, para Pasi Pam Balakdam dan para Pasi Intel Batalyon di jajaran Kodam I/Bukit Barisan, agar segera menindaklanjuti dengan menjabarkan pokok-pokok kebijakan Kodam I/Bukit Barisan bidang Intel/Pam ke dalam Program kerja dan Anggaran TA. 2013 di satuan masing-masing. Para peserta Rakernis dituntut harus meningkatkan penyuluhan, pengarahan hukum dan tata tertib serta peraturan yang berlaku di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan melalui kegiatan Jam Komandan, Pembinaan Satuan  dan Pembinaan Mental guna menekan pelanggaran sekecil mungkin. Mempercepat proses penindakan hukum, disiplin dan tata tertib terhadap para pelaku pelanggaran untuk tegaknya Kumplintatib di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan. Evaluasi setiap pelanggaran yang terjadi sebagai bahan upaya pencegahan dan memberikan asistensi dalam penyelenggaraan pengamanan personil di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan. Apintel juga harus lebih mengutamakan pengamanan tubuh di samping monitor situasi dan kondisi Ipoleksosbud Hankam. Aparat intel harus bisa memberikan informasi dan keterangan kepada pimpinan dengan benar berdasarkan fakta yang akurat, dan harus mempunyai kemampuan deteksi dini, cegah dini serta temu cepat lapor cepat setiap permasalahan yang ada di wilayah.

Hadir dalam acara tersebut Kabinda Sumut, Dirintelkam Poldasu, Ka BNN Sumut, Waas Intel Kasdam I/Bukit Barisan, Para Kasi Intelrem, Kasi Intel Brigif 7/RR, para Pasi Inteldim dan Dan Unit, para Pasiops, para Kapenrem dan Kasandi Rem dan para Pasi Lidik Batalyon BS.