Kamis, 11 Juli 2013

Mau Nonton Metallica, Once Dipukuli TNI


Edi Hardian - Okezone
Selasa, 9 Juli 2013 12:48 wib

JAKARTA - Bekas vokalis Dewa 19, Once punya pengalaman tak terlupakan terkait konser Metallica yang digelar pertama kali di Indonesia. Saat itu, Metallica konser di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 10-11 April 1993, diwarnai kerusuhan.

Once yang belum jadi penyanyi beken saat itu mengatakan, Lars Ulrich dkk melangsungkan konser di venue yang tak jauh dari rumahnya. Sehingga, dia mendatangi konser Metallica menggunakan transportasi bajaj.

Tak disangka, ternyata niat ingin menikmati tontonan memukau para personel Metallica, Once mendapat pukulan dari TNI yang menudingnya salah satu perusuh.

"Jadi karena rumah orangtua saya di kawasan itu, saya santai saja ke venue pakai bajaj. Lalu ada sekitar delapan orang tentara yang tiba-tiba datang kelilingi bajaj saya itu, dan kemudian menodongkan senjata ke sopir bajaj. Lalu suruh saya turun, tapi saya enggak mau, terus pukuli saya pakai rotan. Lalu tarik rambut saya yang panjang," cerita Once kepada Okezone, Senin, 8 Juli 2013.

Mendapat perlakuan tak terduga itu, Once tidak tinggal diam. Pelantun "Dealova" ini lantas balik memarahi aparat TNI yang berlaku sewenang-wenang terhadapnya.

"Itu membuat saya marah-marah juga pada mereka, dan mengancam akan memproses kejadian ini. Pimpinan mereka seorang perwira datang, kemudian melepaskan saya," kenangnya.

Pemilik suara sengau ini pun hanya bisa tertawa jika mengenang kejadian 20 tahun tersebut.

"Kalau dipikir-pikir sekarang lucu juga, sempat mengancam aparat, padahal saya enggak punya backing," akunya, tertawa.

Metallica akan kembali menyambangi Indonesia 25 Agustus mendatang. Konser band asal Amerika itu akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Namun, Once khawatir nasib Metallica sama seperti Aerosmith yang batal menjelang hari H. (tre)