Rabu, 31 Juli 2013

Moeldoko akan Jadi Panglima TNI?



Selasa, 30 Juli 2013 03:29 WIB    


JAKARTA, Jaringnews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengantungi nama untuk menggantikan Agus Suhartono sebagai Panglima TNI. Nama itu pun sudah diusulkan ke DPR.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan sementara nama untuk pengganti Kepala Kepolisian Timur Pradopo belum ada. Namun Presiden menjanjikan nama itu akan diajulan dalam waktu dekat.

"Yang saya ketahui belum. Tapi yang pasti dalam waktu dekat tidak lebih dari awal September ini Presiden sudah ajukan nama itu ke DPR. Memang tidak akan menunggu sampai tahun depan. Itu yang bisa saya pastikan. Memang untuk calon Panglima TNI sudah diusulkan," jelas Julian di Kantor Presiden Jakarta, Senin (29/7).

Siapa calon Panglima TNI yang diajukan ke DPR itu? Julian enggan menjawabnya. "Yah jangan tanya ke saya. ke panglima TNI," kata dia seraya tersenyum.

Sementara dalam sebuah pernyataan di media, Wakil Ketua Komisi I Ramadhan Pohan menyebut nama calon pengganti Agus Suhartono adalah Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Moeldoko yang digadang-gadang menjadi Panglima TNI juga pernah dikatakan Agus Suhartono. Menurutnya, sangat mungkin Panglima TNI kembali dijabat dari kalangan Jenderal Angkatan Darat.
 
Agus mengatakan sebenarnya masyarakat pun sudah tahu persis mekanisme pergantian Panglima TNI. Pergantian salah satunya dengan rotasi bergilir masing-masing angkatan. Saat ini Panglima TNI dijabat dari Angkatan Laut, sebelumnya dari Angkatan Udara. Nah, Agustus nanti Panglima TNI kemungkinan akan kembali ke Angkatan Darat.