Senin, 08 Juli 2013

Mudik lintas Jawa? kapal TNI berkapasitas 1.000 motor disiapkan


Sumber: otosia.com
Minggu, 7 Juli 2013 15:21:00

Penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi pada musim mudik Lebaran masih menjadi alternatif yang menarik karena ringkas dan bisa digunakan dengan mudah juga hemat saat sampai di kampung halaman atau tempat tujuan mudik.

Namun demi keselamatan dan juga menghindari padatnya arus lalu lintas mudik, Kementerian Perhubungan menyiapkan kapal TNI KRI Banda Aceh yang bisa dimuati 1.000 sepeda motor dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

"Pemerintah mengambil kebijakan dengan pengalihan beban lalu lintas melalui pengangkutan sepeda motor dengan truk dan kapal laut. Pengangkutan kendaraan roda dua dengan armada TNI KRI Banda Aceh yang dapat menampung 1.000 kendaraan roda dua ditambah awak KRI Banda Aceh 150 kru," demikian papar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan.

KRI Banda Aceh sendiri berkapasitas 15.000 penumpang. Kapal rencananya disiapkan untuk dua trip perjalanan, yaitu berangkat pada H-4 dan H-2 Idul Fitri dengan rute Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Seperti yang sudah-sudah, pada Lebaran ke depan diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah pemudik dibanding tahun sebelumnya. Prediksi menurut Kementerian Perhubungan, jumlah mereka yang mudik akan mencapai 17 juta jiwa.

Selain menggunakan tranportasi massal, penggunaan sepeda motor pun tidak luput dan malah makin bertambah. Adapun penggunaan sepeda motor pada musim mudik tahun ini diprediksi naik 8,15 persen dari 2.799.134 kendaraan menjadi 3.027.263 kendaraan. (kpl/why/rd)