Minggu, 14 Juli 2013

Polri-TNI masih Berjaga di LP Tanjung Gusta

Sabtu, 13 Juli 2013 | 09:32

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum dan HAM) menyatakan situasi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta Medan sudah berangsur kondusif.

"Namun aparat TNI-Polri masih bersiaga di depan lapas (LP) dan malam hari setelah warga binaan melaksanakan salat tarawih, mereka sudah mau bekerja sama dengan bersedia melaksanakan apel untuk pengecekan kelengkapan penghuni," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Akbar Hadi di Jakarta, Sabtu (13/7).

Beberapa saat setelah salat tarawih pada jumat (12/7) malam, ujarnya, Dirjen PAS Mochammad Sueb dan staf ahli Menkum dan HAM Bidang Polsoskam kembali mengunjungi LP Tanjung Gusta didampingi kakanwil, kadivpas dan kepala LP.

"Mereka mengecek kondisi terakhir di lapas. Masih terjadi pemadaman listrik beberapa kali di komplek lapas dan blok hunian, namun sudah tidak ada gejolak dari warga binaan Lapas Tanjung Gusta," kata Akbar.

Dirjen PAS dan staf ahli menteri menginstruksikan bahwa perlu adanya toilet petugas yang digunakan untuk petugas LP sendiri dan aparat TNI-Polri yang berjaga.

"Pembenahan instalasi listrik dan pasokan air yang diutamakan akan diselesaikan dalam waktu dekat, selain pembangunan pagar pintu 3 yang dirobohkan akan diupayakan selesai dalam waktu dekat ini," kata Akbar.

Ia menambahkan, jenazah salah satu pegawai LP korban kerusuhan akan dimakamkan di Samosir hari ini dengan upacara persemayaman jenazah yang dipimpin oleh perwakilan pejabat Kanwil Kemenkum dan HAM Sumatra Utara. (Ant)


Editor: Patna Budi Utami