Minggu, 14 Juli 2013

Puluhan TNI Meringsek Masuk Lapas, Napi Cuek

Jum'at, 12 Juli 2013 , 11:09:00

MEDAN - Suasana Lapas Klas I Tanjung Gusta berangsur terkendali. Ratusan personil TNI, Polri dan sipir terus berja-jaga di sekitar lapas yang dipenuhi sekitar 2.700 narapidana itu.

Bahkan berdasarkan pantauan di lapangan, puluhan anggota TNI berseragam lengkap dengan tameng dan tongkat mencoba masuk ke lapas. Dengan berhati-hati, tentara  meringsek lewat pintu utama yang semalam hangus terbakar.

Menurut sumber yang ikut masuk, di dalam lapas ratusan narapidana tampak bergerombol dan rata-rata tak menggunakan pakaian. Melihat TNI masuk mereka tak berbuat apa-apa.

Narapidana hanya mengamati apa yang dilakukan TNI, sambil ngobrol antara satu napi dengan yang lainnya.

Di sana, aparat menemukan tumpukan batu dan kayu yang sepertinya bakal digunakan untuk menyerang aparat saat kerusuhan semalam. Ternyata di beberapa titik, gedung masih utuh dan tidak terbakar.


Bahkan di salah satu sisi tembok, tampak coretan-coretan yang dibuat napi soal penolakan atas PP 99 tahun 2012 tentang Pembebasan Bersyarat. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa narapidana yang tersangkut kasus korupsi, narkoba, terorisme dan illegal logging tidak akan diberi remisi. (mas/jpnn)