Senin, 01 Juli 2013

Ribuan Personil TNI Bersihkan Kali Ciliwung


BERITAJAKARTA.COM — 29-06-2013 18:18

Sebagai wujud tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan, ribuan personil TNI AD dari Kodam Jaya dikerahkan untuk membersihkan Kali Ciliwung sepanjang 18,5 kilometer. Kegiatan bersih-bersih kali ini dilakukan Kodam Jaya untuk membantu Pemprov DKI Jakarta meminimalisir banjir yang biasanya diakibatkan dari luapan Kali Ciliwung.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang hadir dalam kegiatan bersih-bersih kali Kali Ciliwung di kawasan Masjid Istiqlal mengatakan, kegiatan yang dilakukan ribuan personil Kodam Jaya tersebut merupakan contoh bagus yang patut diikuti masyarakat lainnya.

“Kegiatan yang dilakukan pasukan Kodam Jaya ini dapat dikatakan sebagai contoh untuk mengajak masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan kali. Sebab, dengan kondisi kali yang kotor oleh sampah maka akan berdampak selain pada banjir juga pada kesehatan masyarakat,” ujar Joko Widodo, Sabtu (29/6).

Jokowi menambahkan, bila kegiatan itu rutin dilakukan sebulan sekali, maka dalam waktu satu tahun Kali Ciliwung akan benar-benar bersih. “ Untuk itu kiranya masyarakat juga sadar dengan turut berpartisipasi menjaga kebersihan kota,” harapnya.

Kasdam Jaya, Brigjen Agung R menuturkan, keterlibatan TNI AD di jajaran Kodam Jaya dalam membersihkan Kali Ciliwung dilakukan karena kondisi kali yang kotor oleh sampah dan dangkal karena lumpur. Menurutnya, untuk kegiatan pembersihan Kali Ciliwung dibagi menjadi tiga sektor yaitu, sektor 1 Bidaracina, Jakarta Timur, sektor II Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan dan sektor III Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dengan total panjang mencapai 18,5 kilometer, dengan mengerahkan sebanyak 5.000 personil TNI AD dibantu Pemprov DKI Jakarta, ormas dan Pramuka.

“Masing-masing sektor diperkirakan dapat mengangkut sebanyak 120 ton sampah dan lumpur,” tandas Agung.

Reporter: moan  | Editor: dunih