Minggu, 07 Juli 2013

Selesai Kerja Bakti, TNI Sumbang Darah

06 Juli 2013 | 00:07 wib

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) di Kebumen terus berlanjut, Jumat (5/7). Sedikitnya 450 orang yang terdiri atas personil TNI AD Kodim 0709 Kebumen, Polres Kebumen, PNS, dan pelajar kompak bekerja bakti membersihkan kawasan protokol kota Kebumen.

Kegiatan diawali dengan Apel Jumat Bersih di Alun-alun Kebumen. Apel dipimpin oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Dany Raca Andalasawan SAP itu  diikuti oleh perwakilan dari masing-masing intansi.

Diiringi mars Kartika  Eka Paksi, selanjutnya para peserta menyebar untuk membersihkan sampah, selokan, rumput dan mengecat trotoar jalan.

Adapun sasaran meliputi Alun-alun, Jalan Pahlawan, Jalan Veteran, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Kusuma dan bundaran Tugu Walet. Para personil TNI, Polri, PNS dan pelajar tampak bersemangat bahu membahu membersihkan wajah kabupaten berslogan Beriman itu.

Usai kerja bakti, para personil TNI menjadi donor darah melalui mobil yang disediakan oleh PMI Kebumen. Tidak hanya anggota, Dandim Letkol Dany Rakca juga ikut menyumbangkan darahnya.

Dandim Dany Rakca Andalasawan mengatakan tolok ukur sebuah kota itu bersih bisa dilihat dari pusat kotanya. Perlu kesadaran yang tinggi dan rasa simpati terhadap pentingnya kebersihan sehingga bisa tercipta suasana kota yang bersih, nyaman, asri dan enak dipandang.

Dia berharap kesadaran menjaga kebersihan juga dilakukan oleh masyarakat luas. Kegiatan itu sekaligus memberikan teladan kepada masyarakat dan generasi muda agar selalu mengerti arti pentinya lingkungan yang bersih.


"Untuk menunjang kota agar bersih, rapi, indah perlu adanya kepedulian dari elemen masyarakat dan instansi-instansi terkait seperti kepolisian, TNI, dinas di jajaran Pemkab Kebumen," tandasnya. (Supriyanto/CN37/SMNetwork)