Senin, 29 Juli 2013

TNI-AD Bina Generasi Muda

Sabtu, 27 Juli 2013 - 08:48:13
SENDAWAR – Dukungan TNI dengan pembentukan Saka Wira Kartika sebagai usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan. Hal tersebut dikatakan Dandim 0912/Kubar Letkol Inf Deni Rezeki pada pelantikan Saka Wira Kartika di Kodim 0912/Kubar masa bakti 2013-2018, Jumat (26/7).

“Sesuai aspirasi pemuda Indonesia, kegiatan di dalam Satuan Karya (Saka) diharapkan menjadi sarana belajar agar terbentuk pribadi muda menjadi suri teladan bagi lingkungan,” 

harap Dandim yang juga ketua Majelis Pembimbing Saka. Sebagai ketua Saka Wira Kartika yaitu Kasdim 0912 Kubar Mayor Inf Zulnalendra. “Kami bangga Saka Wira Kartika Kodim 

0912/Kubar dapat dilantik dan mendukung program Pemkab Kubar. Nilai pramuka bisa menjiwai setiap warga Kubar,” katanya.

Dandim mengungkapkan, anggota Saka Wira Kartika Kubar ini akan dikirim ke Malinau pada Agustus mendatang, mengikuti Pekan Saka se-Kaltim. Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kubar Agus Afiffudin mengatakan, pengorganisasian Saka binaan TNI-Ad ini tidaklah jauh berbeda dengan saka pada umumnya. Namun dalam Saka Wira Kartika memiliki program pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida.

“Pembentukan ini juga menindaklanjuti pencanangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang revitalisasi gerakan pramuka Indonesia. TNI-AD mengambil peran membina generasi muda melalui gerakan pramuka agar berkarakter dan siap menjadi kader pemimpin bangsa,” terangnya. Selain itu, tambahnya, dapat membantu melembagakan jiwa patriotik semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya. Saka Wira Kartika ini merupakan sebuah rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir 2007.