Minggu, 14 Juli 2013

TNI Berhasil Kuasai LP Tanjung Gusta Medan

Jumat, 12 Juli 2013 | 11:17

[MEDAN] Drama di balik penguasaan LP Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara (Sumut), oleh ribuan narapidana pascakerusuhan yang menewaskan 5 orang akibat pembakaran gedung, sudah berakhir, Jumat (12/7) sekitar pukul 11.00 WIB.

Aparat dari TNI akhirnya menerobos ke dalam gedung lembaga pemasyarakatan (Lapas) tersebut. Dilengkapi dengan alat pentungan dan tameng, ratusan anggota TNI mendampingi petugas sipir ke dalam gedung lapas tersebut.

Pantauan SP, tidak ada aksi perlawanan dari pihak napi saat melihat aparat TNI memasuki gedung lapas. Bahkan, para napi terlihat berkelompok, sebagian duduk melihat aparat TNI mendampingi petugas sipir saat membersihkan puing - puing insiden kerusuhan itu.

"Kami menerobos masuk karena upaya yang dilakukan rekan - rekan dari polisi sebelumnya, tidak diterima oleh napi. Para napi menolak kehadiran polisi memasuki dalam gedung," ujar seorang petugas TNI sesaat setelah keluar dari dalam gedung LP tersebut.


Di halaman dalam gedung itu pun ada poster sebagai bentuk protes napi buat Kementerian Hukum dan HAM. Poster yang dibentangkan napi itu tentang PP 99 tahun 2012 tentang pembebasan bersyarat. [155]