Senin, 01 Juli 2013

TNI dan Warga Kampung Bororejo Bareng “Meruwat” Kali Sonto


SoloBlitz - Jumat, 28/06/2013 12:27 WIB 

SOLO- Jika seorang dalang meruwat manusia, itu mungkin sudah biasa. Tapi apa jadinya jika anggota TNI dan warga kampung biasa meruwat sungai? Ya itulah yang terjadi di kampung Bororejo RT 03 RW V, Jagalan Jebres, Jumat (28/6/2013) pagi.

Sekitar 25 anggota TNI Korem 074 Warastratama dan Koramil 04 Jebres, terlihat bersatu padu dengan warga kampung Bororejo, meruwat Kali Sonto yang membelah perkampungan padat penduduk tersebut.

Seperti layaknya ruwatan, prosesi itu pun diawali dengan doa bersama yang dipimpin tokoh agama dan budayawan Solo. Namun yang menjadi beda, ritual itu dilanjutkan dengan acara membersihkan Kali Sonto, dari kotoran dan sampah berserakan yang memenuhi sungai sepanjang hampir 1 kilometer itu.

Setelah semua selesai, TNI dan warga Bororejo pun kompak melakukan acara tabur bunga ke Kali Sonto sebagai simbol jika prosesi ruwatan sudah selesai. Ruwatan itu sekaligus menandai dibukanya Pekan Raya Kali Sonto 2013, yang direncanakan akan berlangsung hingga Jumat (5/7/2013) pekan depan.

“Kami pakai istilah ruwatan, karena tujuannya adalah membersihkan sampah Kali Sonto, dan sampah batin para warga kampung Bororejo yang menghuni di sepanjang Kali Sonto,” ujarnya.

“Sehingga kali Sonto dan kampung Bororejo yang tadinya kotor dan kumuh, bisa menjadi sungai dan kampung terbersih di Solo. Sehingga sungai tidak lagi menjadi sumber petaka tapi bisa kembali lagi menjadi sumber kehidupan masyarakat,” imbuh Hananto ketua panitia Pekan Raya Kali Sonto.

Selain itu juga untuk menunjukkan kedekatan antara TNI dengan warga, dalam membangun lingkungan yang sehat, nyaman, dan aman.

“Kegiatan ini murni dari inisiatif warga dan diselenggarakan dengan biaya mandiri. Semoga bisa menjadi even rutin tahunan, dan berkelanjutan karena ini sudah untuk yang ketiga kalinya kami selenggarakan Pekan Raya Kali Sonto,” bebernya.

Deniawan Tommy Chandra Wijaya | @deniawantommy
Editor : Deniawan