Senin, 19 Agustus 2013

150 Tentara Berjaga di LP Labuhan Ruku


Senin, 19/08/2013 02:22 WIB

Baturaja - Tentara dikerahkan untuk melakukan penjagaan terhadap napi pasca kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Labuhan Ruku. Saat ini ada sekitar 150 personel yang bersiaga di sana.

Tentara yang dikerahkan itu berasal dari Komando Distrik Militer (Dandim) 0208/Asahan. Mereka berjaga dengan menggunakan perlengkapan standar. Pasukan ini dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Ayub Akbar.

“Ini personelnya masih organik dari Kodim saja, sudah memadai. Tidak perlu penambahan personel lagi,” kata Ayub kepada wartawan, Minggu (18/8/2013) dinihari di LP Labuhan Ruku, di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut).

Sejauh ini tentara berhasil menguasai keadaan. Para penghuni LP manut saat diperintahkan masuk ke dalam, dan menyampaikan unek-uneknya soal kondisi di LP yang membuat mereka resah.

Kerusuhan di LP Labuhan Ruku terjadi pada Minggu sore. Para napi yang protes tidak mendapat remisi membakar LP, dan 30 napi melarikan diri karena kejadian ini.

Pada Minggu sore tadi, sebanyak 30 napi penghuni LP Labuhan Ruku di Batubara, kabur setelah membakar LP. Beberapa di antaranya sudah ditangkap polisi.