Senin, 05 Agustus 2013

325 Personel Disiagakan Padang Ekspres



Jumat, 02/08/2013 14:14 WIB

Pariaman, Padek—Menyambut per­siap­an lebaran nanti Polres Pariaman gelar pasukan operasi ketupat 2013. Gelar pasukan diikuti personel Polri, TNI, Satpol PP, Dishubkominfo, Dinas Kesehatan, PMI dan Damkar.

Apel ini diawali dengan pemeriksaan pasukan dan pemasangan pita kepada masing-masing perwakilan peserta ope­rasi ketupat. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat 2013 di halaman Balaikota Pariaman, Kamis.

Apel ini diadakan untuk mengcek ke­siapan akhir personil Polri dan jajaran in­stansi terkait dalam rangka penga­manan dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri tahun 1434 H/2013 M. Sebelum terjun kelapangan dilakukan pengcekan ter­akhir, melihat kesiapan pasukan dalam pengamanan lebaran.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman mengatakan, perayaan hari raya idul fitri selalu ditandai dengan meningkatnya aktivitas. Apalagi di Kota Pariaman setiap tahun pada lebaran diadakan pesta pantai di Pantai Gandoriah. Tentunya dilokasi tersebut akan terjadi keramaian, sangat diperlukan pengamanan.

“Selain itu ditambah dengan tradisi mudik, hal ini akan mendorong mobilitas manusia, kendaraan dan barang yang tinggi di Kota Pariaman, tentunya ini juga diperlukan pengamanan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Mukhlis kepada Padang Ekspres usai gelar pasukan di Halaman Balai Kota Pariaman, kemarin.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP. Gandung Drajat Wardoyo menga­ta­kan, operasi ketupat ini dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari kerja, mulai tanggal 2 Agustus 2013 berakhir 7 (tujuh) hari setelah lebaran.

“Sebanyak 325 orang pasukan ga­bungan yang terlibat untuk mendukung operasi ketupat 2013 ini. Personil Polri 200 orang sisanya dari personil instansi terkait seperti TNI, Sapol PP, Dishub­ko­minfo dan tenaga kesehatan,” ujar Ga­dung.

Dikatakan, jajaran Polres Pariaman untuk pengamanan lebaran membentul lima Pos Pengamanan, diantaranya di Kuraitaji, Pasar Pariaman, Simpang Jagung dan Pantai Gandoriah.

Usai apel Walikota Pariaman bersama Kapolres Pariaman dan Muspida Paria­man mengcek kondisi kendaraan personil yang digunakan untuk pengamanan se­lama operasi ketupat berlangsung. (nia)