Jumat, 02 Agustus 2013

Akhirnya, Oknum TNI Pelaku Pemerasan Berhasil Ditangkap Polda Riau



August 1, 2013, 4:15 pm


PEKANBARU, MENITS.com - Jajaran Polda Riau menangkap seorang oknum TNI bersama dua orang tersangka lainnya yang kuat dugaan melakukan pemerasan di Kabupaten Siak, Riau.

"Benar, ketiganya ditangkap karena pemerasan," kata Kasie Intel Resmob Polda Riau, AKP HP Simanjuntak kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (1/8).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, oknum TNI berisial HT. Sedangkan, dua tersangka dari warga sipil lainnya berinisial N dan S. Kuat dugaan masih ada satu pelaku yang berhasil kabur saat terjadi penggerebekan.

Menurut Simanjuntak, ketiganya dicokok oleh polisi pada Rabu sore (31/7) di Pelabuhan Tanjung Datuk, Pekanbaru. Ia mengatakan tersangka ditangkap karena melakukan pemerasan terhadap warga Kabupaten Siak.

Modus kejahatan, lanjutnya, tersangka mengaku melakukan razia gabungan kepolisian dan TNI di Kabupaten Siak. Kemudian, mereka menahan seorang warga Siak berinisial W, petani yang juga menjual bensin eceran.

Dalam aksinya, pelaku dari warga sipil berpura-pura menjadi anggota Polda Riau. Berdalih operasi Polda Riau dan TNI, korban W ditahan para tersangka karena dituding melakukan penimbunan BBM. Penahanan itu terjadi pada Rabu dini hari (31/7) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kemudian pada pagi harinya, tersangka menghubungi anak korban meminta tebusan Rp100 juta sebagai syarat agar W bisa dilepaskan. Mereka mendesak anak korban agar mengirim uang itu ke Pekanbaru.

Tanpa diketahui tersangka, pihak keluarga mengaku menyanggupi tebusan hanya Rp50 juta namun dibalik itu segera melaporkan peristiwa itu ke Polres Siak. Tersangka menyetujui negosiasi, dan meminta transaksi uang tebusan dilakukan di Pelabuhan Tanjung Datuk, Pekanbaru.

"Ketika terjadi transaksi, tim Resmob dan Polres Siak menangkap ketiganya," ujarnya.

Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono mengatakan kasus itu kini sudah ditangani. Ia mengakui salah satu tersangka adalah oknum TNI berpangkat Koptu berinisial HT. Oknum tersebut bertugas di Denpal I Bukit Barisan.

"Tersangka dimintai keterangan terkait kasus ini dan keterlibatan dua warga sipil lainnya," katanya.

Menurut dia, polisi menangkap oknum TNI saat itu sedang mengenakan pakaian dinas lengkap. Menurut dia, pihak kepolisian akan segera menyerahkan tersangka HT ke pihak Denpom TNI AD Pekanbaru setelah berkas pemeriksaan rampung.

"Kita juga sudah koordinasi masalah ini dengan pihak polisi militer," katanya.

Secara terpisah, Kepala Penerangan Korem 031 Wira Bima, Pekanbaru, Mayor Sukri, mengatakan pihaknya sudah menerima informasi penangkapan oknum TNI itu dan akan segera menindaklanjutinya.

"Nantinya oknum tersebut akan diperiksa di Denpom Pekanbaru," katanya.