Senin, 26 Agustus 2013

Antisipasi Kerusuhan, Polda Siapkan Metal Detector



Minggu, 25 Agustus 2013 , 05:42:00


JAKARTA – Polda Metro Jaya tak mau kecolongan lagi dalam konser grup band cadas Metallica di Gelora Bung Karno nanti malam. Untuk mengantisipasi kerusuhan, sekitar 3 ribu personel polisi dibantu TNI dan pemadam kebakaran dikerahkan. Mereka menjaga delapan titik pengamanan di sekitar stadion.

Aparat akan ditempatkan di dalam dan di pintu-pintu masuk stadion berkapasitas 80 ribu penonton tersebut. Sejumlah mobil pemadam kebakaran juga disiagakan untuk mendinginkan kerumunan penonton tanpa tiket yang biasanya berdesakan di pintu masuk stadion.

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat puluhan ribu penonton yang berdesakan menuju stadion, ratusan polisi lalu lintas akan dikerahkan. Mereka berjaga di sekitar stadion. ”Kalau dibutuhkan, arus lalu lintas di Jalan Gerbang Pemuda dan Jalan Asia-Afrika akan dialihkan. Namun, sifatnya situasional,” terang Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Rikwanto kemarin (24/8).

Untuk mencegah pelemparan barang berbahaya yang memicu kerusuhan, polisi juga memasang metal detector di setiap pintu masuk. Petugas tak akan segan menyita botol minuman, senjata api dan senjata tajam, hingga korek api. ”Minuman keras dilarang keras dibawa masuk ke stadion,” lanjutnya.

Sehari sebelum konser digelar, panitia telah membuka loket penukaran tiket di Stadion Senayan. Lima loket penukaran tiket yang dibeli secara online dibuka sejak pukul 10.00 dan dipadati ribuan metalhead. Mereka rela berpanas-panasan antre hingga mengular sepanjang 200 meter.

Antrean calon penonton yang hendak membeli tiket di loket yang dibuka hingga pukul 22.00 lebih panjang lagi. Hingga kemarin, tiket untuk kelas VVIP, green, dan purple seharga Rp 1,5 jutaan sudah ludes terjual. Sisanya tiket konser yang dibanderol Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta. Hari ini panitia menjanjikan menambah 3 ribu tiket untuk berbagai kelas.

Persiapan konser juga hampir rampung. Pagar pembatas kelas sudah dipasang, demikian juga grass cover untuk mencegah rusaknya rumput di stadion. Kemarin sound system dan panggung yang dibawa khusus dari Los Angeles dengan sepuluh kontainer juga mulai dipasang. Sound system berkekuatan 200 ribu watt dan tata panggung yang dilengkapi puluhan lampu LED screen juga telah dipasang di sejumlah titik stadion. Sumber : www.jpnn.com