Jumat, 23 Agustus 2013

Banyak Hal Perlu Dilakukan Jenderal Moeldoko



Kamis, 22 Agustus 2013 14:27:41 WIB


JAKARTA (Pos Kota) – Banyak hal perlu dilakukan Jenderal TNI Moeldoko yang terpilih menjadi Panglima TNI, salah satunya yakni modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan) buatan Indonesia.

“Kesejahteraan prajurit, di mana sekitar 400.000 tentara yang mencakup seluruh angkatan harus ditingkatkan. Jua utamanya pengadaan alutsista TNI yaitu upaya modernisasi Alutsista dengan memaksimalkan buatan dalam negeri,”kata Peneliti Pertahanan Komunitas Untuk Transformasi Sosial (Katalis) Aridho Pamungkas saat dihubungi wartaan di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Ia meyakini, dengan maksmimalisasi alutsista TNI menggunakan produk dalam negeri akan kembali menjadikan Indonesia kepada julukannya sebagai ‘Macan Asia’ ketimbang hanya menggunakan product asing. Dan pasti hal tersebut mendapat dukungan dari masyarakat.

“Bahkan, menempatkan replika alutsista produk dalam negeri di depan pagar rumah dan menjadi kebanggan tersendiri,” kat Ridho.

Menurut Ridho, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) itu bersama Kementerian Pertahanan harus mampu mengoptimalkan anggaran yang digelontorkan untuk pertahanan sebesar Rp 81.8 triliun tahun 2013.

Ditambahkan Ridho, untuk mengamankan NKRI kebutuhan pertahanan yang harus dipenuhi yakni 100 unit kapal selam, 300 unit  pesawat amfibi yang dipersenjatai, dan menambah 15 batalyon Marinir. “20 batalyon Kostrad, membentuk 20 batalyon pasukan terjun payung, menambah divisi Kopassus, Pasukan Katak dan Pasukan Khusus AU,” terang Ridho. “Dan produk Alutsista, seperti panser, rantis militer, senjata serbu, kapal perang, pesawat angkut militer, dan roket jelajah musti didistribusi di seluruh kekuatan militer,” pungkas Ridho. (prihandoko/sir)