Kamis, 29 Agustus 2013

Bikin Sport Jantung



JENDERAL TNI Moeldoko (56) sukses bikin anak buahnya sport jantung. Dia bertukar posisi dengan kru pesawat yang jadi penumpang dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) tersebut menerbangkan helikopter dari kediamannya di Jakarta menuju La­pangan Brigif 15 Kujang II Kodam III/Siliwangi, di Ko­ta Cimahi. "Yang deg-degan penumpangnya, sampe jantungan. Yang nyetir santai saja," ujarnya.

Moeldoko hadir ke Cimahi dalam rangka peresmian 3 Batalyon Raider baru di Kompleks Lapangan Tembak Gunung Bohong Kelurahan Cibeber-Padasuka Kota Cimahi, Kamis (22/8/2013) lalu. Berangkat pagi dari kediamannya di Jln. Mega Kuningan Jakarta, Moeldo­ko berkelana membelah langit menerbangkan helikop­ter jenis Bell 412 buatan Amerika tahun 2013 hingga sejam kemudian sampai ke Cimahi.

Kedatangan Moeldoko disambut dengan penyematan brevet wing penerbang di dada kiri. Hal itu sebagai tanda mempunyai kualifikasi dan kemampuan terbang yang andal berdasarkan hasil latihan dan pendidikan.

"Di udara sekalipun, kewaspadaan tetap perlu dijaga. Meski, sesekali saya bikin manuver buat menghibur para kru terbang, yang kali ini harus duduk manis jadi penumpang karena 'disetir' oleh bos," ucap lulusan ter­baik Akademi Militer (Akmil) 1981 yang pernah bertu­gas memimpin Kodam III/Siliwangi itu berseloroh.

Moeldoko dikenal tegas dalam memimpin pasukan­nya dan memerintahkan bawahannya patuh terhadap hukum, misalnya dengan tidak melakukan pelang­garan peraturan lalu lintas, tidak arogan dijalan raya, tidak melakukan disersi, serta menghindari narkoba.

"Personel TNI harus menyadari bahwa kita dibiayai rakyat. Mereka menginginkan praju­rit TNI yang tangguh dan profesional. Na­mun, jangan lupa, tetap menjadi pribadi santun dan rendah hati. Jangan menyakiti hati rakyat, melainkan dekat dan mengayo­mi masyarakat," katanya. (Ririn NF/-"PR"), Sumber Koran: Pikiran Rakyat (29 Agustus 2013/Kamis, Hal. 23)