Rabu, 28 Agustus 2013

Cetak Sawah 200 Ha



DEMI mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2PBN), maka tahun ini, bersama Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sambas menjadi percontohan perluasan areal tanam pangan (cetak sawah) di Kalimantan Barat. Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian dan TNI AD, di mana luas cetak sawah yang akan direalisasikan mencapai 200 hektare (ha).

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian melalui Dirjen Prasaran dan Sarana Pertanian bersama TNI-AD. Nantinya bersama TNI, kita akan melakukan cetak sawah di empat kecamatan di Kabupaten Sambas,” ungkap kepala Bidang (Kabid) Pengelola Sumberdaya Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Sambas, Friyanto kepada koran ini, kemarin.

Adapun empat kecamatan yang mendapatkan program tersebut, dipaparkan Friyanto adalah Desa Tebing Batu, Sebawi dengan luas areal mencapai 50 ha; Desa Sendoyan, Sejangkung (75 ha); Desa Penakalan, Sejangkung (25 ha); dan Desa Samustida, Teluk Keramat, dengan luas cetak sawah 50 ha.

“Untuk kegiatan cetak sawah perdana akan dilakukan di Desa Tebing Batu, Kecamatan Sebawi, bersama TNI AD besok (hari ini, Red),” ungkapnya. Adapun tujuan kegiatan untuk perluasan sawah, dijelaskan dia, adalah demi menambah areal tanam, untuk meningkatkan produksi pertanian. Hal ini, ditegaskan dia, dilakukan dalam rangka mendukung P2PBN, yang dicanangkan Pemerintah Pusat.