Rabu, 28 Agustus 2013

Dandim Surakarta: Kami Kawal Massa SHT Sampai Rumahnya



Selasa, 27/08/2013 00:30 WIB


Solo - Ratusan massa perguruan silat Setia Hati Terate (SHT) telah dipulangkan menuju daerahnya masing-masing. Aparat kepolisian akan mengawalnya hingga daerah masing-masing. Selanjutnya keraton akan dijaga oleh aparat gabungan TNI/Polri.

"Sesuai kesepakatan warga akan bubar kalau massa SHT keluar dari keraton. Kami menyanggupi mengevakuasi dan mengawalnya hingga daerahnya masing-masing," ujar Dandim Surakarta, Letkol (Inf) Sumirating Baskoro, di halaman Keraton Surakarta, (26/8/2013) malam.

Selanjutnya, kata Sumirat, pengamanan di dalam keraton akan dilakukan oleh aparat kepolisian dengan bantuan pasukan dari TNI AD.

"Malam ini pasukan Polri dan TNI akan berjaga di dalam keraton dengan membuat sekat agar tidak ada benturan atau gesekan di antar kubu yang ada di dalam. Kami akan terus berjaga hingga situasi mereda," ujar Sumirat.

Sementara itu, warga Baluwarti yang semula berkumpul di areal Sasono Putro mulai berangsur pulang ke rumah masing-masing setelah mengetahui massa SHT dievakuasi. Begug Purnomosidi, kerabat kepercayaan PB XIII, juga sudah terlihat keluar dari keraton menggunakan mobil hardtop putih.

"Sudah selesai. Semua sudah pulang. Sudah aman. Sinuhun juga sudah istirahat, semoga semakin sehat," ujarnya saat dicegat wartawan.