Rabu, 28 Agustus 2013

Demi Rupiah, Moeldoko Siap Jual Dollar Simpanan



Rabu, 28 Agustus 2013 02:57 WIB


TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Moeldoko merespon cepat tentang tabungan dollar yang dimilikinya. Dengan lugas ia menyatakan siap untuk menjual simpanan dollarnya demi penguatan rupiah.

"Akan saya jual (dolar simpanan). Ini bentuk tanggung jawab moral bersama untuk menjaga stabilitas ekonomi negara," tegas Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jendral TNI Moeldoko menjawab pertanyaan Tribun Sumsel, Selasa (27/8) malam usai menghadiri acara halal bihalal bersama prajurit, dan PNS KODAM II Sriwijaya, di Palembang.

Pernyataan Moeldoko itu merespon usulan ekonom Faisal Basri yang meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan contoh menjual mata uang dollar simpanannya. Langkah itu diyakini akan menjadi salah satu upaya penguatan rupaih terhadap dolar AS.
Selain kepada Presiden SBY, Faisal juga menyarankan pejabat publik termasuk KSAD dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution yang menurut data dari Lembaran Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) menyimpan dollar untuk menjualnya pula.

Jenderal Moeldoko yang digadang-gadang akan menjadi Panglima TNI itu dengan jujur akan meninggalkan sebagian simpanannya tersebut. "Ya tidak seluruhnya ya. Kan ada anak saya yang sedang di luar negeri (kuliah,red), tentunya akan saya tinggalkan sebagian. Saya harus jujur ya," ungkapnya ramah.

Lebih lanjut ia tidak merinci besaran tabungan dollar yang akan dijualnya tersebut. Berdasarkan laporan LHKN, jumlah tabungan jenderal yang baru saja dinyatakan lulus fit and proper test Panglima TNI di DPR RI itu sebesar 450 ribu dollar AS.

Selain memastikan akan menjual tabungan dollar, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama melakukan tindakan serupa. "Kita juga meminta masyarakat juga turut andil menjaga stabilitas ekonomi, jangan panik. Dollarnya bisa dijual," imbaunya. (Editor: sanusi & Sumber: Tribun Sumsel)