Rabu, 21 Agustus 2013

Evakuasi Napi Labuhan Ruku ke Lapas Lain Dilanjutkan

Selasa, 20 Agustus 2013 14:15 wib
Irwansyah Putra Nasution - Okezone

BATU BARA - Ratusan aparat gabungan TNI dan Polri melakukan evakuasi lanjutan terhadap ratusan narapidana dari Lembaga Permasyarakatan Klas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batu Bara, ke lapas lain yang tersebar di Sumatera Utara.

Dirjen Permasyarakatan Kemenerian Hukum dan HAM, Bambang Krisbanu, mengatakan pemindahan narapidana dilakukan untuk mengantisipasi kerusuhan susulan. Apalagi kondisi lapas rusak parah pascapengrusakan dan pembakaran yang dilakukan narapidana pada Minggu, 19 Agustus sore.

"Sampai saat ini sudah 386 narapidana yang dievakuasi. Untuk total keseluruhan yang akan dievakuasi berjumlah 500 narapidana," katanya di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Selasa (20/7/2013).

Disinggung menganai total kerugian akibat kerusuhan tersebut, pihaknya belum bisa memastikan. "Akan ada tim tersendiri yang akan menilainya jumlahnya," pungkas Bambang.


Seperti diberitakan, ratusan napi mengamuk dengan merusak dan membakar lapas karena kecewa atas pemberian remisi yang dinilai tidak merata. Selain itu, napi juga kecewa lantaran adanya kutipan liar yang dilakukan sejumlah sipir penjara kepada keluarga mereka yang berkunjung. (ris)