Senin, 26 Agustus 2013

Heli yang Pintunya Copot Jenis Puma MI-17



SABTU, 24 AGUSTUS 2013 | 18:47 WIB


TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI AD Rukman Ahmad, memastikan helikopter yang pintu daruratnya jatuh menimpa rumah warga adalah jenis Puma MI-17.

"Kami masih selidiki, belum bisa ditentukan penyebabnya apa," kata dia ketika dihubungi Tempo hari ini, Sabtu, 24 Agustus 2013.

Rukman menjelaskan, helikopter tersebut sedang mengangkut personel TNI AD yang akan latihan terjun payung di beberapa titik di wilayah Jakarta. "Jakarta Utara memang termasuk wilayah terbang kami," ujar dia.

Dia juga menjelaskan, helikopter tersebut baru saja take off untuk latihan terjun payung para personel TNI AD. Helikopter tersebut, Rukman menambahkan, lepas landas dari Lapangan Udara Pondok Cabe, Jakarta Selatan.

Saat ini helikopter dan pintunya sudah dibawa ke Pondok Cabe untuk direparasi. "Pintunya akan kami ganti dengan yang baru," katanya.

Sabtu pagi tadi, sekitar pukul 07.15 Wib, pintu darurat Helikopter milik TNI AD jenis Puma MI-17 terjatuh dan menimpa gedung bernomor 19 di Komplek Perumahan Carina Sayang I Blok III, Rt 16/008. Gedung tersebut merupakan kos-kosan dan mess karyawan perusahaan kontraktor itu.

Namun, setelah ditelisik pintu yang terjatuh tersebut merupakan pintu darurat. Menurut sumber Tempo yang menjadi saksi kejadian tersebut menyebutkan, ada tulisan yang menyatakan pintu tersebut adalah pintu darurat. (AMRI MAHBUB)