Rabu, 14 Agustus 2013

Kodim 1610/Klungkung Dalam Menciptakan Rasa Aman Pada Pemilukada Klungkung



Selasa, 13 Agustus 2013 10:47:06


KODAM IX/UDAYANA (13/8),- Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Klungkung tahun 2013 untuk menentukan Bupati dan Wakil Bupati Klungkung priode 2013 s.d 2018 merupakan hajat demokrasi yang harus diamankan demi kelangsungan pemerintahan Kabupaten Klungkung yang stabil dan dinamis. Pemilukada tersebut dilaksanakan secara langsung oleh rakyat dengan berazaskan langsung, umum, bebas, jujur dan adil dengan penyelenggara Pemilu yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas. Kodim 1610/Klungkung yang merupakan satuan kewilayahan dibawah Korem 163/Wirasatya Kodam IX/Udayana memiliki peran yang sangat strategis dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilukada Klungkung tahun 2013. Peran tersebut seperti yang disampaikan oleh Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Andree Saputro adalah bagaimana menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat sehingga hajat demokrasi tersebut melahirkan pemimpin-pemimpin (Bupati/Wakil Bupati) yang benar-benar perwujudan aspirasi masyarakat.

Mewujudkan komitmen Kodim 1610/Klungkung untuk menciptakan rasa aman dalam pemilukada Kabupaten Klungkung tahun 2013 tersebut, ada beberapa bentuk upaya yang dilakukan sebagai berikut: Pertama, Kodim 1610/Klungkung yang memiliki jajaran 4 (empat) Koramil, masing-masing mensiagakan personelnya dalam kekuatan 1 SST yang siap gerak untuk menanggulangi segala kemungkinan yang dapat menggagalkan proses Pemilukada. Kedua, Koramil Jajaran dan Unitinteldim tetap melaksanakan tugas pemantauan wilayah masing-masing yang menjadi tanggung jawab dengan tetap mengedepankan metode Binter kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah sehingga temu cepat dan lapor cepat dapat berjalan dengan baik. Ketiga, Kodim 1610/Klungkung mengeluarkan 1 SST Sepeda Motor (SPM) dan 1 SST Sepeda Gayung sebagai Mobile Team  yang setiap harinya melaksanakan patroli dengan rute dan waktu yang terjadwal serta siap untuk digerakan pada saat-saat kritis yang memerlukan pengerahan personel.

Upaya  ini, tentunya selalu mensinergikan dengan peran seluruh komponen masyarakat terutama Polres Klungkung sebagai mitra dalam menjaga keamanan lingkungan. Menciptakan rasa Aman dalam Pemilukada Kabupaten Klungkung tahun 2013, menjadi harapan dan harga mati bagi Kodim 1610/Klungkung untuk kehidupan masyarakat Klungkung agar dapat tetap berjalan dinamis, lebih baik dan lebih sejahtera.