Senin, 26 Agustus 2013

Mahasiswa UI dan Kopassus Bersihkan Sungai Ciliwung



Sabtu, 24 Agustus 2013 | 8:14


[JAKARTA] Mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) dan Komando Pasukan Khusus TNI AD bergotong royong membersihkan Sungai Ciliwung, dengan menyusuri aliran kali di dekat jalan raya akses UI hingga Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8).

Pembersihan Sungai Ciliwung tersebut melibatkan lebih kurang 30 anggota Kopassus serta 80 civitas akademika UI, yang terdiri dari mahasiswa baru, mahasiswa anggota MAPALA UI, serta dosen dan pimpinan UI.
Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Farida Haryoko  dalam rilis yang diterima SP di Jakarta, Sabtu, mengatakan, dalam upaya membersihkan sungai Ciliwung sepanjang lebih kurang enam kilometer tersebut, sampah yang diangkut berupa sampah anorganik seperti plastik, styrofoam, botol plastik, kaleng, dan sejenisnya.

Sampah tersebut kemudian akan didaur ulang kembali di pengolahan sampah  terpadu.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan ini, Kopassus menyediakan material seperti 11 unit perahu karet, life jacket, serta skipper (juru mudi perahu karet) dan petugas keselamatan.

Sedangkan UI menyediakan 4 unit perahu karet berikut dengan skipper, trash bag serta life jacket.  

“Dengan melibatkan mahasiswa baru yang merupakan perwakilan dari 13 fakultas yang ada di UI, diharapkan dapat menjadi change agent yang dapat mengajak teman-temannya yang lain untuk secara rutin membersihkan Sungai Ciliwung, dan mau menjaga keberlangsungan sungai itu sendiri dengan tidak membuang sampah di sungai,” katanya.  

Lebih lanjut Farida mengatakan, upaya pembersihan Sungai Ciliwung ini juga untuk mendukung upaya pencegahan banjir yang kerap melanda Ibukota Jakarta.  

“Kopassus sangat mendukung upaya UI dalam membersihkan Sungai Ciliwung. Dengan demikian, dapat memotivasi mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya serta dapat memberikan contoh baik bagi para adik-adik yang duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas,” katanya.  

Ke depannya, kata dia, UI akan secara rutin menyelenggarakan Program Bersih Sungai Ciliwung dengan melibatkan lebih banyak lagi mahasiswa UI yang telah dibekali kemampuan fisik dan pelatihan safety untuk menyusuri sungai ciliwung yang dalam dan berarus kencang.

Sebelumnya, MAPALA UI juga telah melakukan kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung bersama dengan Komunitas Ciliwung.

Demikian juga Kopassus telah rutin menjalankan kegiatan Jumat Bersih di Sungai Ciliwung dengan melibatkan siswa/i Pramuka di tingakat SMP maupun SMA.