Rabu, 21 Agustus 2013

Moeldoko Akan Dicecar Soal Kasus Cebongan Saat Uji Kelayakan di DPR

Selasa, 20 Agustus 2013 14:33 wib
Tegar Arief Fadly - Okezone

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko akan menjalani fit and proper test (uji kelayakan) di Komisi I DPR sebagai calon Panglima TNI, besok.

Salah satu poin yang akan ditanyakan oleh Komisi I adalah terkait dengan kerusuhan di Lapas Cebongan yang melibatkan beberapa personel pasukan elite Kopassus TNI AD beberapa waktu lalu.

"Mengenai penguatan profesionalisme dan kedisiplinan TNI. Karena ada beberapa kasus yang puncaknya kasus Cebongan dan itu menyangkut kedisipinan TNI," kata Ketua Komisi I Mahfud Sidiq di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Dijelaskan Mahfud, sebelum bertanya mengenai proses pidana dalam kasus tersebut, Moeldoko akan lebih dahulu dimintai keterangan terkait tingkat kedisiplinan dan hukum disipliner dalam militer.

Selain kedisiplinan, komisi yang membidangi masalah pertahanan, informasi, dan luar negeri itu juga akan meminta penjelasan dari Moeldoko terkait tingkat kesejahteraan prajurit TNI.


"Keluhan mengenai tunjangan atau uang lauk pauk juga menjadi keluhan umum di prajurit. Sementara di sisi lain modernisasi alutista sudah kita anggarkan besar. Ini akan menjadi tantangan beliau," ungkapnya. (put)