Senin, 05 Agustus 2013

Operasi Ketupat 2013 Resmi Digelar, Penembak Jitu Disiagakan



02 August, 2013

TEBINGTINGGI- Operasi Ketupat Toba 2013 resmi digelar serentak di Sumatera Utara. Di Tebingtinggi, jajaran Polres Tebingtinggi, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), TNI, Polisi Militer dan Brimob Detasmen B Kota Tebingtinggi menggelar apel siaga tanda dimulainya Operasi Ketupat Toba 2013 dari 7 hari sebelum lebaran (-7) hingga setelah 7 hari lebaran (+7) di Halaman Mako Brimob Detasmen B Jalan Ahmad Yani Kota Tebingtinggi, Kamis (1/8).

Kapolres Tebingtinggi AKBP Andi Rian Djajadi dalam sambutannya mengatakan 140 personel diturunkan untuk mengamankan lintas jalur mudik di wilayah jajaran Polres Tebingtinggi. Untuk Pos Pengamanan (Pos Pam) di wilayah jajaran hukum Polres Tebingtinggi ada empat ditambah dua pos terpadu. “Untuk lebih meningkatkan pengamanan, Polres Tebingtinggi menyiagakan penembak jitu (sniper) di titik-titik rawan kriminalitas,”jelas Andi Rian.

Empat Pos Pam meliputi Pos Pam Simpang Beo, Pos Pam Simpang Binjai, Pos Pam Desa Paya Bagas Rambutan dan Pos Pam Perkebunan Pabatu Jalan Lintas Tebingtinggi Pematangsiantar ditambah dua pos terpadu di Terminal Keberangkatan PT KAI Cabang Tebingtinggi dan Pos terpadu Polsek Dolok Merawan.

Begitu juga dilakukan Polres Serdang Bedagai di Lapangan Apel Polres Sergai Jalan Negara Seirampah Kabupaten Sergai.

Kapolres Seragi AKBP Arif Budiman mengatakan dalam operasi ketupat Toba tahun ini kita menurunkan personel kepolisian ditambah petugas pendukung dari TNI, Brimob dan Satpol PP. Nantinya para personel ini akan bertugas di Pos Pengamanan Simpang Tiga Pantai Cermin, Pos Pam  Pasar Bengkel, Pos pam Kampung Pon dan Pos Pengamanan Dolok Masihul. “Pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2013 dimulai tanggal 2 hingga 16 Agustus,”jelasnya.

Sementara di Pakpak Bharat, kendati hujan deras di kota Salak tidak menyurutkan semangat personel sipil, dan TNI menggelar apel Operasi Ketupat Toba di Lapangan upacara Mapolres Pakpak Bharat, Kamis (1/8). Dalam apel ini Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA yang bertindak sebagai inspektur upacara. (ian/tam)