Rabu, 28 Agustus 2013

Pemko, TNI dan Polri siap amankan Medan



MONDAY, 26 AUGUST 2013 17:07            


MEDAN - Pemko Medan menggelar apel kesiapan penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat bekerjasama dengan Polresta Medan dan Kodim 0201/BS di Lapangan Benteng Medan, hari ini.

Apel ini digelar bertujuan untuk menyatukan persepsi sesuai dengan Undang-Undang Penanganan Konflik Sosial dalam rangka pencegahan, pengamanan dan ketertiban di Kota Medan. Penyatuan persepsi ini perlu ditindaklanjuti mulai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mulai tingkat kota, kecamatan, kelurahan sampai dengan lingkungan.

Menurut Pelaksana Wakil Walikota Medan, Dzulmi Eldin yang bertindak sebagai pembina apel, kegiatan ini dinilainya memiliki makna penting terlebih jika memahami situasi dan kondisi kehidupan sosial politik serta makro perekonomian nasional maupun regional yang sedang berkembang saat ini. Dimana nilai tukar rupiah terhadap dolar, indeks saham gabungan, neraca perdagangan dan inflasi sedang dalam pergerakan yang kurang baik.

“Hal ini tentunya bisa saja menimbulkan dinamika sosial ekonomi yang luas dan harus dapat diantisipasi sedini mungkin secara bersama-sama dan bergandeng tangan. Di samping itu saat ini kita juga mendapati modus-modus kriminalitas yang semakin beragam di tengah-tengah masyarakat. Artinya, semuanya harus diantisipasi secara bersama-sama,” kata Eldin.

Dengan apel kesiapan ini, Eldin berharap terbentunknya satu sinergitas yang cukup kuat dan solid dalam  penanganan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Selain itu untuk memetakan persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat guna ditangani secara cepat dan tepat. “Persoalan yang yang terjadi di tengah masyarakat selama ini Insya Allah  dapat tertangani secara parsial tetapi kita ingin penanganan yang dilakukan lebih terkoordinasi lagi, sehingga memudahkan kita dalam menanganinya,” jelasnya.

Dihadapan Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta, Dandim 0201/BS Letkol Inf Hendiyadi, Sekda  Kota Medan Syaiful Bahri Lubis,  pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, camat, lurah dan kepala lingkungan,  Eldin mengaku kondisi keamanan di ibukota provinsi Sumatera Utara masih aman dan terkendali. Dia berharap kondisi kondusif ini  dapat terus dipertahankan. Untuk itu melalui kesempatan ini, Eldin mengucapkan terima kasihnya kepada segenap unsur TNI, Polri maupun seluruh elemen pemuda dan masyarakat yang selama ini terus bahu membahu menjaga kondusifitas kota.

Selanjutnyas Eldin berpesan kepada seluruh kepling, babinsa dan babinkantimbas agar semakin meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan pengendalian di tangan para lurah, camat, kapolsek dan danramil masing-masing. “Mari kita tingkatkan ketentraman umum dan ketertiban masyarakat, sehingga mereka tidak khawatir melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Sekali lagi, bangun koordinasi, komunikasi dan sinergitas yang tidak terputus-putus,” harapnya.

Sebelum mengakhiri  arahanya, Eldin  berharap agar apel kesiapan ini semakin memprkokoh dan memompa rasa pengabdian dan keikhlasan dalam melayani masyarakat dengan semangat dan kekuatan bekerja guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Serta mewujudkan ketertiban sosial yang harmonis. Sumber : www.waspada.co.id