Selasa, 06 Agustus 2013

Ribuan Pedagang Mudik Bareng TNI_Terasa Lebih Aman

JAKARTA - Musim mudik Le­baran yang menggembirakan hati sering membuat pemudik terlena. Pelaku kejahatan pun semakin mudah membidik kor­bannya, dengan melancarkan beragam modus. Tak heran sela­ma musim mudik Lebaran tindak kejahatan cenderung meningkat. Terutama dilokasi perjalanan yang memang rawan tindak keja­hatan. Pelakunya pun tidak segan melakukan tindakan yang ke­jam terhadap korbannya.

Kondisi itulah yang menjadi per­hatian PT. Sinde Budi Sentosa. Perusahaan yang memproduksi minuman larutan penyegar Cap Badak menyiapkan program mu­dik bersama pedagang secara lebih baik. Yakni, dengan melibatkan keluarga anggota TNI Angkatan Darat. "Tahun ini memang PT. Sin­de Budi Sentosa merasa perlu menggandeng keluarga TNI AD dalam program mudik. Itu sebagai langkah mempererat kerjasama, sekaligus memberikan kenyamanan kepada pemudik,” ujar Direktur Utama PT. Sinde Budi Sentosa Budi Yuwono saat melepas rombo­ngan Mudik Bersama PT. Sinde Budi Sentosa di lapangan Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Senin (5/8).

Menurutnya, ancaman tindak kejahatan yang dialami pemudik harus menjadi perhatian bersama. Kemananan dan keselamatan pe­mudik selama di perjalanan patut jadi prioritas. Bukan hanya dari aparat yang bertugas selama mu­sim mudik Lebaran, tetapi juga dari penumpang dan awak pe­ngemudi. Dari sisi itulah, lanjut dia, sangat pantas menggandeng anggota keluarga besar TNI AD dalam prograrn tersebut.

Kehadiran anggota keluarga TNI secara psikologis dapat mem­berikan ketenangan bagi pemudik. Apalagi jumlah pemudik mayoritas pedagang kecil dan pengasong mi­numan Cap Badak. "Mereka adalah pedagang kecil yang pendapatan­nya tidaklah besar. Bagaimana dampaknya jika mereka menjadi korban kejahatan," katanya.

Tentunya, sambung Budi Yuwono, penghasilan yang didapat pedagang asongan dan pedagang minuman larutan penyegar Cap Badak menjadi harapan bagi keluarga di kampung halaman. Penghasilan itu diharapkan dapat memberikan kebahagiaan pada keluarga dan sanak saudara. Bukan itu saja, dia pun merasa keterlibatan keluarga anggota TNI AD bisa memberikan manfaat positif lainnya, sehingga bisa me­motivasi pedagang dan penga­song larutan penyegar Cap Badak untuk lebih bekerja keras. Seka­ligus berkeyakinan dapat menjadi lebih baik dimasa datang. "Saya dulu pedagang dan pengasong makanan. Belajar dari banyak orang hingga bisa besar dan se­perti saat ini," tuturnya memberi­kan motivasi kepada pedagang.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Inspektur Jenderal M Munir me­nambahkan, kehadiran anggota dan keluarga TNI dalam mudik bersama PT. Sinde Budi Sentosa sangat lah baik. Program kerjasa­ma ini harus dikembangkan pada masa datang, agar tumbuh kede­katan yang lebih dalam antara TNI dan masyarakat. (rko), Sumber Koran: Indo Pos (06 Agustus 2013/Selasa, Hal. 02)