Rabu, 07 Agustus 2013

Sangatta Jadi Kota Tugu_Patung Singa dan Tugu Tank Dibangun Tahun Depan


Selasa, 6 Agustus 2013 - 09:35:00
SANGATTA  -  Kutai Timur menjadi salah satu daerah di Kaltim yang banyak memiliki tugu. Tugu yang dimiliki Kutim, juga berbeda dari biasanya. Ya, setelah sebelumnya memiliki tugu dengan objek pesawat tempur, kini tank bekas milik TNI dipastikan menjadi tugu di salah satu sudut kota Sangatta.   "Pembangunannya direncanakan tahun depan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim,Aswandini Eka Tirta beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, saat ini pihaknya masih mempertimbangkan lokasi pembangunan tugu. Namun, menurutnya lokasi pembangunan tugu tak akan jauh dari pembangunan tugu pesawat di depan kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim, komplek Bukit Pelangi.

“TNI memberikan sumbangan tank bekas untuk dijadikan tugu. Nantinya patung ini akan diswakelola,  untuk  pembuatan dudukannya. Atau mungkin kami (PU,Red) membantu secara fisik, untuk membangun konstruksi landasannya, namun pekerjaan lainnya  dikelola Marinir, yang akan menyumbangkan  tank bekas ini,” jelasnya.

Diakui, untuk membuat tugu ini pihaknya sedang mencari lokasi yang cocok disekitar Jl Soekarno – Hatta. “Ini akan jadi brand mark baru objek wisata  di Sangatta. Karena itu kami akan carikan lokasiyang baik dan  strategis,” katanya. 

Selain lokasi tadi, pihaknya juga mempertimbangkan lokasi di sekitar simpang tiga pinang, atau simpang patung burung yang merupakan pintu masuk  Kota Sangatta. Hanya saja, karena di sana nanti akan dibangun patung singa, karena itu  tugu tank tidak akan dibangun di lokasi tersebut.

Selain membangun tugu tank, pihaknya juga merencanakan pembangunan patung singa. Dalam perencanaan ini akan melibatkan tokoh adat, PU hanya menghitung  dananya.  Karena  patung ini bersifat khusus, ada kaitan dengan budaya, dan sejarah karena itu  harus melibatkan tokoh masyarakat adat  untuk mendesain sesuai dengan keinginan adat.

“Jadi 2014 nanti  kedua  pekerjaan ini akan diwujudkan, hanya saja dananya belum diketahui berapa. Karena masih dalam perencanaan,  dan ada kemungkinan nanti akan diswakelolakan.  Termasuk untuk patung singa,  bahannya juga belum diketahui, apakah dari tembok atau apa, jadi nilainnya belum diketahui berapa. Yang pasti tahun 2014 proyek ini bisa diwujudkan,” katanya. (luc/ind)