Jumat, 02 Agustus 2013

TNI AD Bantu Polisi Amankan Lebaran 2013



Kamis, 01 Agustus 2013, 10:07 WIB


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--TNI Angkatan Darat (AD) siap membantu aparat kepolisian dengan mengerahkan 2/3 pasukan di setiap kodam untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2013. Keikutsertaan TNI guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebanyak 2/3 dari kekuatan pasukan 'standby' di asrama dan pada posisi siaga," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko saat kegiatan Bazar Murah TNI AD bekerja sama dengan Artha Graha Peduli, di Mabesad, Jakarta, Kamis (1/8).

Ia menjelaskan pada prinsipnya ia sudah memerintahkan masing-masing panglima kodam untuk mengerahkan pasukannya dan membantu kepolisian. "Pangdam siap mengerahkan pasukannya untuk membantu kepolisian," ucap Moeldoko.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya bersama jajaran mengerahkan 8.645 personil gabungan, guna mengamankan musim arus mudik dan balik pada Operasi Ketupat 2013. "(Pengamanan) diharapkan agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan tertib," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto.

Rikwanto mengatakan pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya akan berlangsung sejak 2 hingga 16 Agustus 2013 dalam rangka mengamankan perayaan Idul Fitri. Berdasarkan perincian, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.276 personel, Satuan Polres Metro/Kota (4.724 personel), TNI dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta (645 personel).