Jumat, 16 Agustus 2013

TNI Siap Bantu DKI Tertibkan PKL dan Parkir Liar



Rabu, 14 Agustus 2013 | 09:08     

Jakarta - KASAD Jenderal TNI Moeldoko menyatakan bahwa seluruh prajurit TNI AD siap membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membersihkan pasar-pasar dari parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang kerap kali menyebabkan kemacetan lalu lintas.

"Kalau Pemprov DKI minta, Pak Kasad minta bantuan bersihkan Pasar Tanah Abang, ayo mari. Semua yang diminta akan diberikan. Kebetulan prajurit saya sedang tidak operasi. Jadi Pak Gubernur minta kekuatan berapa pun pasti akan kami berikan," kata Moeldoko usai Apel dan penanaman pohon di bantaran Sungai Ciliwung, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (14/8).

Intinya, lanjut Moeldoko, TNI AD akan memberikan bantuan kepada Pemprov DKI, baik berupa fisik maupun pemikiran. Sehingga, tantangan atau kesulitan yang dihadapi Pemprov dan masyarakat Jakarta dapat diselesaikan. Meski persoalan tersebut hanya bagian kecil dari problem Jakarta yang kompleks.

"Seperti membersihkan sungai Ciliwung yang hari ini dilaksanakan, merupakan permintaan bantuan dari Pemprov DKI. Kami tadi bincang-bincang, kalau di luar negeri, sungai menjadi peluang dan kekuatan. Tapi di Indonesia, sungai menjadi ancaman. Itu yang ingin kami rubah," tukasnya.

Memberi bantuan untuk membersihkan sungai bukan satu atau dua kali dilakukan TNI AD. Dua bulan lalu, TNI AD membersihkan sungai di Kota Surabaya dengan kekuatan besar yaitu mencapai 10.000 orang, baik dari prajurit TNI AD bersama masyarakatnya. Lalu dilanjutkan ke Kalimantan dan saat ini di Jakarta.

"Karena itu, saya sepakat dengan Pak Gubernur, kegiatan ini harus dilakukan terus menerus, jangan hanya sekali ini saja," ujarnya.

Menanggapi pernyataan Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pihaknya memang membutuhkan bantuan dari TNI AD untuk membangun Jakarta menjadi kota yang tertib, indah dan tertata rapi. Bahkan dalam penertiban dan penataan PKL di Pasar Tanah Abang, Pemprov DKI sudah melibatkan TNI AD.

"Sudah kok. Kita sudah libatkan TNI AD dalam penertiban PKL Tanah Abang. Nantinya kita akan libatkan terus lah," ujar Jokowi. (Penulis: Lenny Tristia Tambun/ARD)