Kamis, 22 Agustus 2013

TNI Siap Sambut MBT Leopard



Kamis, 22 Agustus 2013


PASURUAN (Suara Karya): Menjelang kedatangan tank tempur utama atau main battle tank (MBT) Leopard, Batalion Kavaleri 8 Divisi 2 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) telah melatih personel dan membangun tempat perawatan tank buatan Jerman ini. Di sini bakal menjadi markas 53 kendaraan tempur terhebat saat ini.

 "Kami sudah siap menerima kedatangan Tank Leopard," ujar Komandan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 8 Divisi 2 Kostrad Letkol Kav Otto Solu, Rabu (21/8) saat menerima sejumlah peserta Press Tour TNI AD, di Mako Yonkav 8/2 Kostrad, Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kunjungan wartawan ke sini dipimpin Kolonel TNI Zaenal M dari Penerangan Umum Markas Besar Angkatan Darat (Penum Mabesad).

Dalam kesempatan itu, Otto Solu menjelaskan, Yonkav 8/Tank berada di bawah komando Divisi Infanteri 2 Kostrad. Batalyon ini merupakan salah satu satuan bantuan tempur yang menjadi pemukul di jajaran Kostrad.

Yang membuatnya bangga, Yonkav 8/Tank mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk mengoperasikan tank Leopard dengan kekuatan 1 batalyon lengkap, untuk wilayah timur. Sesuai rencana, TNI AD membentuk dua batalyon tank berat Leopard, masing-masing untuk kawasan barat di Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, dan untuk kawasan timur di Beji, Pasuruan.

Saat ini, papar Otto, di Yonkav 8/Tank juga terdapat kendaraan tempur Scorpion sebanyak 53 tank, dan sejumlah Tank Stormer. Dengan kedatangan MBT Leopard, lanjutnya, maka alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI akan sebanding dengan negara-negara maju lainnya. (Windrarto)