Rabu, 21 Agustus 2013

Uji Kelayakan Moeldoko Sekadar Administrasi

Oleh: Marlen Sitompul
nasional - Selasa, 20 Agustus 2013 | 13:35 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Berdasarkan catatan Komisi I DPR sebagai mitra kerja TNI, calon Panglima TNI Jenderal Moeldoko dinilai tidak memiliki masalah, maka dapat dipastikan uji kelayakan Moeldoko bakal mulus di DPR.

Ketua Komisi I DPR Mahfud Siddiq mengatakan uji kelayakan Moeldoko yang akan digelar besok sebatas pemeriksaan administrasi. Sebab, berdasarkan penelusuran Komisi I DPR, tidak ada catatan buruk dari Komnas HAM dan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Secara prinsip mereka (Komnas HAM dan KPK) mengatakan tidak ada kasus, tinggal besok kita melakukan kolaborasi pandangan Pak Moeldoko untuk TNI ke depan," kata Mahfud, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Meski demikian, kata Mahfud, pihaknya akan meminta pandangan Moeldoko terkait beberapa persoalan yang sedang dialami TNI saat ini.

"Besok saya menduga yang banyak digali pandangan Moeldoko bagaimana profesionalisme dan kedisiplinan TNI karena beberapa kasus," tegas politikus PKS itu.

Selain itu, beberapa catatan lainnya yang akan menjadi perhatian Moeldoko adalah bidang kesejahteraan prajurit TNI. Sebab, hingga saat ini kesekahteraan TNI dinilai masih minim.

"Kedua soal kesejahteraan, sejauh ini kan keluhan seperti tunjangan, uang lauk pauk. Karena alutsista sudah kita anggarkan besar, kalau tidak didukung kesejahteraan ini akan menjadi masalah baru," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencari rekam jejak calon Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Dari pengakuan KPK, Moeldoko tidak memiliki masalah.


"Lainnya untuk Jenderal Moeldoko tidak ada masalah. Ini penjelasan Ketua KPK," kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin di Gedung KPK, Senin (19/8/2013). [rok]