Kamis, 01 Agustus 2013

Wiranto: Moeldoko Figur Tepat untuk Panglima TNI



Rabu, 31 Juli 2013, 22:55 WIB


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Wiranto menilai Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Moeldoko adalah figur orang baik dan berprestasi sehingga tepat menggantikan Laksamana Agus Suhartono sebagai Panglima TNI.

"Moeldoko adalah lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1981 dan peraih penghargaan Adhi Makayasa," kata Wiranto, di Jakarta, Rabu.

Menurut Wiranto, Moeldoko adalah figur orang baik dan lurus, karier militernya lancar. Ia menegaskan, penilaian jenjang karir di TNI-AD dilakukan secara fair dan transparan, serta bisa dilihat oleh prajurit TNI lainnya.

"Data base penilaian jenjang karier itu bisa dilihat oleh setiap prajurit TNI-AD, apakah penilaiannya baik atau kirang baik," katanya.

Wiranto menilai, Moeldoko adalah figur yang baik dan lurus, sehingga tepat jika Presiden menunjuk dia menjadi pengganti Laksamana Agus Suhartono sebagai Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Partai Hanura ini mengenang kembali karier militernya, yakni menjadi KSAD selama enam bulan, dan kemudian ditunjuk Presiden menjadi Panglima TNI pada usia 50 tahun. "Dua tahun kemudian, pada usia 52 tahun, saya meminta pensiun dipercepat," katanya,

Wiranto menambahkan, Moeldoko saat ini berusia 56 tahun dan menduduki jabatan KSAD sangat cepat, hanya sekitar dua bulan.

"Dulu saya menduduki jabatan KSAD selama enam bulan, sudah rekor tercepat, ternyata sekarang ada yang lebih cepat lagi," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengirim surat kepada pimpinan DPR RI berisi pengajuan nama Jenderal Moeldoko untuk menggantikan Laksamana Agus Suhantoro yang akan memasuki masa pensiun pada 25 Agustus 2013.

DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Moeldoko, pada pekan keempat Agustus.