Jumat, 20 September 2013

PT Askes Jaktim Gelar Kegiatan Sosialisasi JKN dan BPJS

Kamis, 19 September 2013. 20 view

SIAGA-JAKARTA Komando Distrik Militer 0505 Jakarta Timur bekerjasama dengan PT Askes Cabang Jakarta Timur mengelar kegiatan Sosialisasi Jaminan kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan.Kegiatan Sosialisasi Jaminan Kesehatan ini diikuti sekitar 200 anggota prajurit TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0505 /JT.

Kegiatan Sosialisasi Jaminan kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan dibuka secara resmi oleh Komandan Kodim 0505/JT Letkol Arh Hamim Tohari, MA bertempat di Aula Makodim 0505/JT Jalan Soemarno Jakarta Timur, Selasa (17/9/13).
Turut hadir sebagai Narasumber dr Nurifansyah kepala cabang PT.Askes (Persero) Cabang Jakarta Timur.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0505/JT Letkol Arh Hamim Tohari, MA, mengatakan, “Bahwa kegiatan jaminan sosialisasi ini merupakan program pemerintah yang berdasarkan UU BPJS No:24 tahun 2011 dalam rangkan mewujudkan program jaminan sosial terpadu kemudian diawali dengan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan artinya bahwa nanti pada tanggal 1 Januari 2014 program jaminan sosial khususnys di bidang kesehatan sudah akan mulai diintegrasikan dalam lintas instansi sehingga ini akan memberikan pelayanan Jaminan kesehatan terpadu yang terbaik kepada seluruh masyarakat termasuk institusi TNI dan PNS yang ada di lingkungan TNI. memang ini prosesnya bertahap dan memang masih sedikit pesertanya namun program jaminan kesehatan terpadu ini sangat memberikan manfaat tidak hanya di lingkungan internal seluruh prajurit TNI dan PNS TNI saja namun pada seluruh masyarakat di Indonesia,” katanya.

Tohari menambahkan, “Kami berharap program pemerintah yang bagus ini mudah-mudahan bisa dipahami oleh anggota anggota parajurit TNI maupun PNS TNI dilingkungan Kodim 0505/JT. Yang jelas hari ini kami sebagai Komandan Kodim 0505/JT selalu memberikan yang terbaik dan pengertian kepada para prajurit TNI dan PNS TNI di lingkungan kodim 0505/JT apabila ada anggota prajurit kami yang menderita sakit tidak hanya dilayani oleh internal TNI namun bisa langsung berobat di Puskesmas atau Rumah Sakit setempat di luar internal TNI dengan menggunakan pasilitas program Jaminan Kesehatan dari BPJS serta Kami juga secara rutin akan selalu mengingatkan kepada para anggota prajurit di lingkungan Kodim 0505/JT untuk lebih aktif lagi bertanya agar mengerti secara teknisnya BPJS tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu dr Nurifansyah kepala cabang PT.Askes (Persero) Cabang Jakarta Timur mengatakan, “BPJS ini sangat penting Bagaimana Pemerintah memberikan kesejahteraan rakyatnya dengan memberikan Jaminan Sosial Nasional. Sesuai dengan UU NO 20 thn 2004 maka Sejak. Tahun 2014 ini ada 2 Jenis BPJS diantaranya BPJS Kesehatan dan BPJS Sosial. Selain itu BPJS juga sangat penting bagaimana seluruh penduduk terjamin dan menjadi badan publik seluruh rakyat Indonesia dimana pun berada penduduk di wajibkan menjadi peserta BPJS,” katanya.

Nurifansyah menjelaskan, bahwa Anggota TNI dan Polri serta PNS di lingkungan TNI/Polri wajib bayar iuran BPJS karena termasuk penerima upah sedangkan bukan penerima bantuan Iuran adalah masyarakat yang pakir miskin dan tidak mampu ini yang pekerja tidak penerima upah akan di subsidi Iuran BPJS kesehatannya oleh negara seperti pekerja Tukang ojek, para petani dan nelayan.

“Pada tanggal 1 Januari 2014 mendatang sudah tidak adalagi Askes nanti diganti BPJS kesehatan dan untuk membernya sampai bulan september ini BPJS untuk wilayah Jakarta Timur kira 130 juta orang penduduk.Dan kami harapkan seluruh jumlah penduduk Indonesia 240 juta jiwa ini mendapatkan perlindungan Jaminan Sosial BPJS,” tandasnya. (SN)